oleh

Soal Cagar Budaya, Walikota Tangerang Sambut Baik Inisiatif DPRD Bentuk Perda

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Rancangan Peraturan Daerah Tentang Cagar Budaya, yang diinisiasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang, Selasa (04/07) resmi dibawa ke Rapat Paripurna. Dalam acara Rapat Paripurna tersebut, selain DPRD Kota Tangerang, menyampaikan pandangan terkait laporan keuangan daerah tahun anggaran 2016.

Pada Rapat Paripurna itu juga, Raperda Tentang Cagar Budaya di Kota Tangerang, disambut baik oleh Walikota. Dengan adanya peraturan daerah cagar budaya ini, mudah-mudahan, cagar-cagar budaya yang ada di kota Tangerang itu lebih terjaga, terawat.

Demikian hal ini disampaikan Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, saat dimintai keterangan oleh Jurnalis Group Kicau, usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Tangerang.

Arif, saat dimintai keterangan dengan di dampingi Wakil Walikota Tangerang, Scharudin menjelaskan, dengan dibentuknya Perda tentang Cagar Budaya ini, semoga bisa menggambarkan potensi dan keterlibatan Pemerintah dalam mengelola Cagar Budaya tersebut.

“Nanti teman-teman SKPD nanti yang merumuskan terkait cagar budaya, saat ini kota Tangerang sudah mulai ramai, dan kami berharap, cagar-cagar budaya ini bisa menjadi wisata di kota Tangerang,” kata Walikota Tangerang, Arief Arief R. Wismansyah

Senada dengan Arief, Sekertaris Fraksi Partai Gerinda, Turidi Susanto saat dimintai keterangan di tempat terpisah, menjelaskan, Perda Cagar Budaya dibuat berdasarkan inisiatif dari anggota DPRD Kota Tangerang, dengan adanya Perda Cagar Budaya ini, kami berharap kepada  Pemda bisa menjadikan kawasan yang berbasis budaya, untuk wajib dilindungi, dan dilestarikan.

Bahkan di TMP Taruna sebagai simbol Peristiwa Lengkong dimana Gugur Taruna Subianto yang merupakan Paman Prabowo Subianto, yang sekarang sudah direnovasi Wisata Galery Peristiwa Lengkong.” jelas Turidi yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang.

Baca juga :  Beri Semangat, Bhabinkatibmas Sambangi Posko Relawan Cegah Covid-19 Desa Biji Nangka

Selain itu, Turidi juga berharap, dengan adanya Perda ini semoga bisa menjadi acuan, bagi Pemkot untuk bisa terus melestarikan budaya-budaya Tangerang.

“Semoga dengan adanya Perda ini, Pemkot bisa menciptakan Kampung Betawi, yang merupakan suku asli Kota Tangerang, dan juga Perkampungan Cina Benteng yang sudah melekat dan terkenal.” tambah Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang dari Fraksi Partai Gerindra, Turidi Susanto.

Senada dengan Turidi, Anggota DPRD Kota Tangerang dari Fraksi PDI-P, Agus Setiawan menilai, dibentuknya Perda Cagar Budaya ini, untuk menggali sejarah-sejarah yang ada di kota Tangerang, yang muncul dari Inisiatif DPRD Kota Tangerang.

“Semacama kawasan elitis di kota Tangerang, ini merupakan inisiatif dari DPRD kota Tangerang, dan kita juga melihat, bahwa Walikota juga menyambut baik dengan adanya cagar budaya ini.” kata DPRD Kota Tangerang dari Fraksi PDIP, saat dimintai keteranga Group Kicau, usai Rapat Paripurna.

Selain itu, Agus juga menambahkan, Fraksi Partai Berlambang Kepala Banteng ini, mendukung dengan sepenuhnya, dan menilai, langkah ini sebagai bentuk penyelamatan budaya, terutama dalam Pariwisata. (Group Kicau/Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru