oleh

Bung Karno Dan Habib Ali Kwitang

Jakarta, kicaunews.com — Bung Karno bersilaturahmi dengan Al-Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi (Kwitang), Al- Habib Ali bin Husein Alatas, dan Al-Habib Muhammad bin Ali Alhabsyi.

Habib Ali bin Abdurrahman al-Habsyi (1870-1968) atau yang populer dengan panggilan Habib Ali Kwitang adalah salah seorang ulama kharismatik yang sangat dihormati dan disegani.

Beliau juga seorang penulis produktif, penceramah hebat, pendidik handal, tokoh dermawan, dan seorang sayyid atau syarif (keturunan Nabi Muhammad) yang sangat alim dan saleh. Beliau lahir di Jakarta dan wafat pada usia 98. Habib Ali adalah adalah pendiri Islamic Center Indonesia dan Majelis Taklim Kwitang (pada 1911), sebuah forum untuk diskusi, ngajar dan ceramah mengenai masalah sosial-kemasyarakatan-keagamaan.

Habib Ali juga mendirikan al-Rabithah al-Alawiyah pada 1928. Selain membangun masjid, Habib Ali juga mendirikan sebuah madrasah Unwanul Falah. Murid-murid beliau tida hanya dari Indonesia saja tetapi juga dari berbagai negara yang kelak mendirikan madrasah atau majelis taklim di masyarakat atau negara masing-masing.

sumber : https://satuislam.org/opini/bung-karno-dan-habib-ali-kwitang/

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru