oleh

Keutamaan Hari Raya Idul Fitri

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Setelah berpuasa 1 bulan penuh, umat muslim sedunia merayakan Idul Fitri. Hari raya Idul Fitri ini memiliki beberapa keutamaan, yaitu :

  1. Hari Raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat muslim Sedunia.

Diriwayatkan, ketika Rasulullah dan para sahabat baru pulang dari salah satu perang besar, beliau berkata :”Kita baru saja melakukan suatu jihad kecil dan akan menghadapi jihad yang besar dan berat”. Para sahabat heran, karena mereka menyangka baru saja mereka melakukan perang yang sangat berat dan meminta banyak pengorbanan, lantas bertanya “Jihad apakah lagi ya Rasulullah ?”. Jawab Rasulullah : “Puasa, yaitu jihad memerangi hawa nafsu”.

  1. Mempererat tali silaturahmi

Hari Raya Idul Fitri dapat mempererat tali silaturahmi, karena pada selesai melaksanakan shalat Ied di Mesjid, dianjurkan umat muslim saling bermaafan sesama muslim.

  1. Iblis menjerit kesakitan saat Idul Fitri

Kata Wahib bin Munabih:

“Sesungguhnya iblis menjerit tepat pada hari raya”.

Dan anak buah iblis berkumpul dan bertanya:

“Ya tuanku, apa yang menyebabkan kamu menjerit dan marah”.

Jawabnya:

“Sungguh Allah shubhanahu wata’ala telah mengampuni umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam di hari ini. Maka kalian harus menyibukkan mereka dengan kenikmatan dan kesenangan nafsu”.

Kata Wahib juga:

“Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala menciptakan surga pada hari raya idul fitri, memilihkan jibril ketika menurunkan wahyu dan menerima tobatnya para tukang sihir Fir’aun”.

  1. Diutusnya Malaikat pada Hari Raya Idul Fitri

Bila datang hari raya idul fitri, Allah subhanahu wata’ala mengutus para malaikat, mereka turun dan berdiri di pinggir-pinggir jalan. Mereka menyeru dengan panggilan yang bisa didengar semua makhluk Allah subhanahu wata’ala, kecuali jin dan manusia. Kata mereka:

Baca juga :  Adapatasi Kebiasaan Baru, Polsek Purwasari Polres Karawang Lakukan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

“Hai Umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarlah menuju panggilan Tuhan Yang Maha Pemurah. Dia akan Memberikan Yang Agung dan mengampuni dosa yang besar”.

  1. Surga diciptakan pada Hari Raya Idul Fitri

Berdasarkan perkataan Wahib :

“Sesungguhnya Allah subhanahu wata’ala menciptakan surga pada hari raya idul fitri, memilihkan Jibril ketika menurunkan wahyu dan menerima tobatnya para tukang sihir Fir’aun”.

Sumber : FB Prof A.Satori Ismail

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru