oleh

Menjelang Idul Fitri, KPPU Tegaskan Stok Daging Masih Cukup

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Meskipun Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan sudah mengeluarkan regulasi berupa harga eceran tertinggi (HET) terkait harga daging sapi, namun harga daging di pasar selama bulan ramadhan tetap fluktuatif.

Dalam memastikan hal tersebut, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama Satuan Tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, pada Minggu malam (18/06) melakukan sidak di Rumah Potong Hewan (RPH) Karawaci Kota Tangerang.

Dalam Sidak tersebut, sebagaimana disampaikan ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Syarkawi Rauf untuk memastikan pasokan daging dibulan Ramadhan dan menjelang lebaran cukup, baik di rumah potong hewan dan konsumen di pasar.

“Sidak ini merupakan kedua kalinya, kami ingin memastikan apakah harga daging dipasaran tetap stabil dan untuk pasokan daging cukup dan harga daging masih tetap stabil, stok pun cukup untuk bulan ramadhan dan H-2 sebelum lebaran,” kata ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Syarkawi Rauf.

Selain itu, di Rumah Potong Hewan Karawaci yang bertempat di Taman Cisadane, No 187 Kel. Panunggalan Barat, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang, Syarkawi menjelaskan, untuk stok dan harga daging ramadhan kali ini, stoknya cukup bahkan surplus, dan harganya stabil, terutama daging beku atau Impor.

“Untuk stok daging saat ini sangat cukup bahkan surplus, dan untuk harga daging stabil, kita datang sidak ini, untuk memastikan apakah RPH masih cukup stoknya untuk konsumen.” jelas Syarkawi.

Senada dengan Sarkawi, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pangan Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto menambahkan, akan terus memonitoring dan memantau stok bahan pokok dibulan ramadhan dari hulu sampai hilir, selain itu, Satgas juga akan memantau rantai distribusi dari distributor ke konsumen, dengan harapan masyarakat mendapatkan harga yang adil dan stabil.

Baca juga :  Aldi Taher Dan Reza Zulkifli Cagub Cawagub Sumbar, Sambagi kediaman Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS

“Dalam prosesnya, kita berharap konsumen bisa mendapatkan harga yang stabil dan normal, kemudian kita juga melakukan penegakan hukum pada distributor yang nakal dan menyimpang,” kata Irjen Setyo.

Diketahui, Kementerian perdagangan saat ini terus melakukan penetrasi dengan menurunkan sebanyak 145 personil di pasar-pasar tertentu, dengan jumlah personil yang telah diturunkan oleh Kemendag, didampingi oleh Satgas Pangan Mabes Polri.

Irjen Setyo mengklaim, hasil pantauan Satuan Tugas Pangan Mabes Polri, Sejauh ini harga bahan pokok masih stabil dan normal. “Semoga selama ramadhan dan lebaran harga-harga tetap stabil.” kata Irjen Setyo.

Sementara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti menjelaskan, harga bahan pokok pada bulan ramadhan ditahun ini, sangat stabil dibandingkan tahun lalu. Sehingga Tjahya meminta kepada masyarakat agar tidak cemas.

“Kami berharap harga-harga diseluruh pasar stabil, untuk harga bawang putih, hari ini sudah stabil, kami sudah pantau di 70 kota, memang di beberapa pasar ada kekosongan, tapi untuk ketersediaan bahan pokok aman.” kata Tjahya. (Red. Deni Iskandar/Group Kicau/Kicaunews.com).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru