oleh

KPPU Klaim Stok Daging Menjelang Lebaran Surplus,

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Fluktuatifnya harga bahan pokok terutama harga daging di Pasar, menjelang Idul Fitri membuat sebagian masyarakat cemas, hal ini ditandai dengan melonjaknya harga bawang putih di Pasaran. Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi Pengawas dan Persaingan Usaha Syarkawi Rauf, Optimis harga dan stok daging menjelang lebaran cukup dan stabil.

Kepada Jurnalis, Syarkawi menyampaikan, pasokan daging dari Fitloter ke Rumah Potong Hewan (RPH) mengalami kenaikan, baik Fitlote ke RPH maupun RPH ke Konsumen, kata Syarkawi, siap memaspk berapa pun permintaan konsumen.

“Dari sisi ketersediaan sapi siap potong, maupun daging sapi ini cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen sampai H-2 lebaran yang akan datang.” kata Syarkawi Rauf, saat dimintai keterangan di Rumah Potong Hewan Karawaci Kota Tangerang Banten.

Selain itu, Syarkawi juga menambahkan, untuk tabun ini harga daging sangat stabil harganta dibandingkan pada tahun sebelumnya, jadi tidak ada alasan untuk para pedagang menaikan harga daging tersebut.

“Karena relatif stabil pada harga 110 sampai 120 ribu perkilo untuk daging segar dan daging beku 80 ribu perkilonya dan daging kerbau lebih murah lagi, sekitar 65 ribu. Pengalaman ditahun lalu, harga daging sapi kita mencapai 145 ribu perkilo.” tambah Syarkawi.

Senada dengan Syarkawi, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti juga menambahkan, pemerintah pusat melalui regulasi yang telah dibuat, dalam Peraturan Menteri Perdagangan No 27 Tahun 2017 sudah mentepakan harga daging secara nasional stabil.

“Untuk harga daging, pemerintah sudah ada acuannya. Paha belakang 105 ribu. Perkilo, paha depan itu 90 ribu, sandung lamur 80 ribu perkilo dan tetelan 50 ribu perkilo, ini untuk harga daging segar.” kata Tjahya.

Baca juga :  Dua Tahun Kepemimpinannya, Anies Baswedan Gelar Syukuran Bersama Aktivis

Kemudian kata Tjahya, untuk daging beku sekitar 80 ribu perkilo. “Untuk harga daging yang menjual daging diluar harga ecetan tertinggi (het) maka satgas panganlah yang akan melihat, jadi dilihat dulu penyebabnya apa, jadi tidak langsung ditindak.” tambah Tjahya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, menjelang Idul Fitri, harga Bawang Putih mengalami kenaikan, namun saat ini pemerintah pusat sudah mengontrol dan harga bawang putih kembali stabil.

Untuk harga daging ini, sebagaimana diketahui, sudah dijamin secara nasional, sementara persediaan harga daging saat sebanyak 125 ribu ton, sementara kebutuhan daging dimasyarakat hanya 650 ton, maka stok daging tahun ini cukup dan mengalami surplus. (Red. Deni Iskandar/Group Kicau/Kicaunews.com).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru