oleh

Harga Bawang Putih Jenis Cating Naik, Ini Penjelasan Pemerintah

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Melonjaknya harga bawang putih jenis cating, yang tembus dengan harga sampai 90 ribu/kilonya, beberapa hari lalu di Pasaran membuat sebagian ibu-ibu rumah tangga mengeluh.

Dalam merespon hal tersebut, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Ir. Tjahya Widayanti menjelaskan, harga bawang putih sudah distabilkan dan hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan di 70 kota terjadi kekosongan di pasaran.

“Untuk harga Bawang putih secara keseluruhan sudah menurun tidak lagi seperti hari yang lalu.” kata Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti saat dimintai keterangan oleh Jurnalis Group Kicau, di Hotel Aryaduta Karawaci Kota Tangerang Banten.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri ini menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pemantauan di 70 kota, dan dalam pemantauan tersebut, memang telah terjadi kekosongan bawang putih di Pasar, akibatnya harga bawang putih mengalami kenaikan.

“Memang hari ini kami pantau di 70 kota memang ada dibeberapa tempat terjadi kekosongan bawang putih. Kekosongan bukan terjadi dari keseluruhan, tapi kekosongan dari preprensi dari konsumen.” kata Tjahya Widayanti.

Prepensi dari kekosongan tersebut, tambah Tjahya, yaitu kekosongan bawang putih berjenis Cating, dan memang untuk bawang putih jenis cating relatif kebih mahal dari jenis bawang putih canon.

“Ini adalah jenis bawang putih kating, dan ini memang harganya relatif mahal dari jenis canon atupun lainnya. Jadi untuk harga bawang putih kami sudah mengendalikan harganya dengan baik.” tambah Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri, Tjahya Widayanti.

Bawah putih cating ini, masih kata Tjahya, lebih menjadi perhatian para ibu-ibu. “Secara keseluruhan juga, bapok dalam keadaan yang stabil bahkan turun. Kemudian persediaan untuk bapok juga aman dan terkendali dengan baik. Mudah mudahan sampai H-2 sebelum lebaran aman.” kata Tjahya.

Baca juga :  Patroli Dialogis Kanit Patroli Polsek Tempurejo Pada masa Pandemi Virus Covid 19

Diketahui, untuk jenis bawang putih diluar jenis Cating, harganya saat ini mengalami penurunan, penurunan harga tersebut dari 50.000 per-kilo, menjadi 40.000 per-kilo, namun meskipun begitu untuk jenis bawang puting diluar jenis Cating ini tidak banyak diminati konsumen.

Meskipun begitu, di tempat terpisah, salah satu pedagang nasi di Pasar Kambing Tanah Abang, Iyot (47) tahun mengeluh dengan adanya kenaikan harga bawang putih yang mengalami kenaikan secara drastis.

“Naek harga bawang putih cating mah, 90.000 perkilo kuari di pasar hareup tah, atu awalna mah 65.000 kuari mah 90.000 ieu meuli 85.000 eta geh langganan,” kata Iyot saat dimintai keterangan lewat Telepon Seluler.

Diketahui, sebelumnya Harga Bawang Putih jenis cating berkisar 65.000 sampai 70.000 rupiah per-kilonya, saat ini harga bawang putih jenis Cating naik dengan harga 90.000 rupiah per-kilonya. (Red. Deni Iskandar/Group Kicau/Kicaunews.com).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru