oleh

Tangkal Informasi Hoax, Gubernur Sumbar Minta SMSI Berperan Aktif

SUMATERA BARAT, KICAUNEWS.COM – Beredarnya kabar hoax dan ujaran kebencian belakangan ini, membuat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat gandrung, tak terkecuali dengan pemerintahan di Sumatera Barat.

Dalam merespon hal tersebut, Gubernur Sumatera Utara, Irwan Prayitno mengajak Serikat Media Siber Indonesia di Sumatera Barat untuk berperan aktif membangun arus informasi yang sehat.

“SMSI merupakan ujung tombak, agar media siber di Sumatera Barat tidak ikut menyebarluaskan berita hoax dan ujaran kebencian.” kata Irwan Priyatno.

Selain itu, Irwan Prayitno juga menyambut baik, pada Serikat Media Siber yang ikur terlibat dalam Peringatan Hari Pers Nasional 2018 yang akan dipusatkan di Sumatera Barat.

Sambutan baik Irwan Prayitno tersebut, dikatakan ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Barat, Yal Aziz di Istana Gubernur Sumatera Barat, saat pertemuan diantara keduanya berlangsung.

Dalam pertemuan tersebut, Yal Aziz melaporkan bahwa SMSI mendapatkan tugas dari Penanggung Jawab HPN 2018, dari Ketua Umum PWI, Margiono untuk menyelenggarakan dua kegiatan di arena HPN 2018.

”Saya sudah menyampaikan kepada Pak Gubernur bahwa pada acara Hari Pers Nasional 2018 mendatang di Padang, SMSI mendapat tugas untuk  melaksanakan dua kegiatan, Pameran Pekan Media Digital dan Pertemuan Akbar Pers Mahasiswa,” kata Yal Aziz usai pertemuan dengan Gubernur Sumatera Barat.

Kegiatan pertama adalah Pameran Pekan Media Digital dan kegiatan kedua, Pertemuan Akbar Pers Mahasiswa Indonesia yang dilakuka bersamaan dengan pelayaran menggunakan KRI dari Tanjung Priok ke Teluk Bayur.

Diketahui, Serikat Media Siber atau SMSI merupakan organisasi perusahaan media massa, berbasis internet. Serikat Media Siber Indonesia didirikan oleh sejumlah pemilik dan pengelola media siber nasional dan daerah pada bulan Maret 2017, serta dideklarasikan pada bulan April 2017.

Baca juga :  Sebarkan Berita Bohong, Kemendagri: Kecam dan Tuntut Ketua PHRI

Saat ini SMSI telah memiliki pengurus di 21 Provinsi dengan anggota lebih dari 250 perusahaan media siber di Indonesia. Direncanakan, SMSI akan mendaftarkan diri sebagai konstituen Dewan Pers pada bulan September mendatang. (Ed. Rls. Group Kicau/Haji Merah).

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru