oleh

Gas 3 Kg Langka dan Melambung Tinggi, Warga Pangandaran : Kayu Bakar Jadi Solusi

PANGANDARAN, KICAUNEWS.COM — Akibat kelangkaan dan mahalnya gas elpiji 3 kilogram di Kabupaten Pangandaran, sebagian warga memilih menggunakan kayu bakar untuk keperluan memasak.

Penggunaan kayu bakar untuk keperluan memasak lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan gas elpiji 3 kilogram.

Salah satu warga Dusun Babakan, RT 02/05 Desa/Kecamatan Parigi Aan mengatakan, harga gas elpiji saat ini mencapai Rp.29 ribu sedangkan kayu bakar satu ikat seharga Rp.15 ribu.

“Tabung gas elpiji 3 kilogram bisa digunakan untuk keperluan memasak satu minggu, sedangkan satu ikat kayu bakar bisa digunakan untuk memasak selama dua minggu,” kata Aan.

Aan menjelaskan, secara ekonomis memasak menggunakan kayu bakar lebih irit dan murah harganya serta gampang didapat.

“Memasak menggunakan kayu bakar juga sangat aman karena akan terhindar dari risiko kejadian tabung gas meledak,” tambahnya.

Aan berharap jika tabung gas elpiji 3 kilogram menjadi salah satu program pemerintah, harus ada pengendalian dalam peredarannya supaya masyarakat tidak dirugikan.

“Banyak masyarakat yang memandang negatif dalam penggunaan gas elpiji 3 kilogram saat ini, diantaranya banyak kejadian tabung gas elpiji yang tidak sesuai takaran juga banyak beredar tabung gas elpiji 3 kilogram yang berisi air,” pungkasnya.(Red/Okezone)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru