oleh

KPPU soroti harga bawang putih yang cenderung naik

Kabupaten Tangerang, KICAUNews. com – “Dari empat komunitas pangan yang ditetapkan harga eceran tertingginya oleh pemerintah ada satu yang harga cenderung naik yaitu bawang putih”

Hal diatas dikatakan Ketua KPPU Syarkawi Rauf dalam kegiatan forum jurnalis yang diadakan di Rumah Makan Mang Engking, Cisauk Kabupaten Tangerang pada Senin (5/6/2017).

“Terkait dengan itu kami, di KPPU berdasarkan perkembangan yang ada di lapangan kami melakukan penelitian, adanya dugaan kartel di bawang putih berdasarkan hasil penelitian kami ada satu grup perusahaan yang menguasai kurang lebih 50% importasi bawang putih dari Cina ke Indonesia, ” imbuhnya.

Dirinya menduga adanya perusahaan yang dominan membuat pasokan bawang putih ke pasar menjadi terhambat.

“Barangnya kurang pada saat permintaan menyebabkan harga jadi tinggi, ” tambahnya.

Oleh sebab itu, masih kata Syarkawi beberapa waktu yang lalu KPPU menaikkan status penelitian kartel bawang putih ini menjadi penyelidikan.

“Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama investigator-investigator kami berkoordinasi dengan satgas pangan Mabes Polri untuk bisa menemukan paling tidak dua bukti yang cukup membawa ini ke proses persidangan, ” jelasnya.

Sejauh ini, Perkembangan terakhir yang diperoleh adalah bahwa secara struktur dari sisi penguasaan pasar memang dari 6 grup perusahaan karna importir bawang putih ini ada puluhan.

“Dari puluhan importir ini kalau kita kelompokkan, berdasarkan kepemilikan berdasarkan kesamaan kesamaan antara satu importir dengan importir yang lain rupanya mereka ini terkonsentrasi hanya pada enam grup importir tersebut, ” pungkasnya.(ipin/tris)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru