oleh

Ramadhan Indah Untuk Semua

KICAUNEWS.COM — Pahala ibadah wajib dinaikan menjadi 70 kali lipat di bulan Ramadhan, pahala sunnah meningkat menjadi wajib tingkatannya. Menuntut ilmu merupakan ibadah wajib, yang tentunya akan menjadi lebih bernilai ketika dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

Oleh karena itulah, masjid, musholla, dan lainnya semakin meningkatkan aktivitas tholabul ilmi (menuntut ilmu) pada bulan Ramadhan ini, dengan mengadakan kuliah tarawih, kuliah subuh, dan lainnya.

Keimanan ummat islam yang menurut para ulama diyakini meningkat pada tahun ini semenjak digelarnya aksi 411, aksi 212, dan lainnya menjadikan pada bulan Ramadhan kali ini terasa lebih luas dan mudah ruang untuk kita menuntut ilmu.

Para pekerja kantoran  banyak mendapatkan kesempatan dan  undangan untuk mengikuti acara taushiyah/pengajian yang diselenggarakan oleh komunitas pengajian di kantornya. Para pelajar dan mahasiswa banyak yang memanfaatkan acara pesantren kilat di bulan Ramadhan.

Bahkan pada komunitas Scooterist (Pengendara Vespa), ternyata kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan keislamanpun dapat kita peroleh. Salah satunya dari Abdullah alias Ujang, si Scooterist Senior yang lebih dikenal dengan sebutan Bang Kancil.

Setidaknya kita dapat belajar dari ketekunannya memulai usaha buka bengkel Vespa dari nol sampai berkembang hingga sekarang yang selaras dengan perkembangan kerohaniannya, dari yang kurang begitu mengenal Allah sampai terundang untuk menjadi tamu Allah di tanah suci dengan pendanaan dari hasil tabungan selama bergelut di bengkel Vespa.

Kesempatan menginjakan kaki di tanah suci untuk beribadah dan memanjatkan doa kepada Allah menjadi titik balik bagi Bang Kancil dalam mengenal keimanan dan keislaman yang lebih mendalam.

“Bersyukurlah jika kita diberi kesempatan menjalankan ibadah ke tanah suci, meskipun hanya untuk berumroh. Ada perbedaan yang akan dirasakan pada semangat beribadah kita setelah umroh atau haji, bila tujuan kita umroh/haji untuk pemantapan iman islam kita”, Kata Bang Kancil kepada redaksi di sela-sela aktivitasnya sebagai senior mekanik bengkel Vespa.

“Di tanah suci, kita akan terpacu untuk terus beribadah, malu kita kepada Allah rasanya, ketika mengingat begitu asyiknya kita ngobrol dengan kawan-kawan kita saat di tanah air kita sebelumnya, namun untuk mendekat kepada Allah begitu susah, sekalipun untuk menjalankan perintah wajib.

Alhamdulillah, setelah ada pengalaman ke tanah suci atas izin Allah, saat ini, khususnya di Ramadhan ini, membuat saya lebih menjaga sholat lima waktu, dan berusaha menjaga juga sholat qobliyah ba’diyah, insya Allah saya juga mulai latihan untuk rutin melaksanakan sholat dhuha”. Lanjut Bang Kancil.

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Allah memilih orang-orang yang beriman untuk dimuliakan pada bulan ini apapun profesinya, apapun komunitasnya.

Scooterist yang identik dengan liar, urakan, tanpa masa depan, ternyata tidaklah demikian kenyataannya. Masih banyak sosok Scooterist seperti Bang Kancil yang bagai ikan di lautan, ia mendapatkan banyak kawan dari hobby vespanya, terus berkarya dengan bengkel Vespanya, namun tetap mendapatkan kesempatan untuk terus memperbaiki nilai-nilai keimanan dan keislaman.

“Bengkel Bang Kancil saya pilih sebagai bengkel andalan saya, karena saya sreg dengan kejujurannya. Adakalanya bengkel Vespa tega berbohong soal kerusakan Vespa kita. Dari berganti-ganti bengkel di awalnya, saat ini sudah lebih dari 5 tahun, saya memilih rutin ke bengkel Bang Kancil untuk merawat 2 Vespa PX Tahun 1982 saya. Bisa seminggu sekali saya datangi Bengkelnya Bang Kancil. Pengalaman Bang Kancil yang luas dan kejujurannya, saya yakin akan menambah kepercayaan dari banyak Scooterist dari mana saja” Kata Helmy yang biasa disapa Qmunk, salah satu pelanggan tetap di Bengkel KSC-nya Bang Kancil di Jalan RE Martadinata Nomor 23, Ciputat.

Belajar dari Kancil Si Scooterist Senior, seolah kita diingatkan kembali akan pentingnya memelihara hubungan kita dengan Allah, lebih memperhatikan perintah dan laranganNya, serta dapat  menjaga kepercayaan manusia dalam urusan dunia dengan kejujuran dan jiwa kesetiakawanan kita.

Insya Allah Ramadhan kali ini, keberkahan berlimpah untuk kita semua yang memuliakannya.(Red-Kicaunews.com

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru