oleh

Cinta Bahasa Indonesia Bukti Nasionalisme

KAB. KUNINGAN, KICAUNEWS.COM — Mencintai bahasa lndonesia tentu saja tidak sekedar jargpn semata.Bahasa Indonesia harus menjadi penghela dari semua komunikasi yang dilakukan oleh bangsa ini pada bidang apapun.

Jika masih ada yang bera nggapa bahwa pemangpaatan bahasa Indonesia hanya pada komunikasi sederhana,maka hal tersebut secara tegas dapat dikatakan merupakan pendapat yang salah kaprah.

Jika masih ada yang beranggapan bahwa pada bidang penting sebaiknya menggunakan bahsa asing maka itupun mendapat koreksi keras.

Lebih ironis lagi jika masih ada yang menggunakan bahasa asing hanya karena beranggapan bahwa hal tersebut lebih keren dibanding menulis atau mengucapkannya dalam bahasa negri ini.

Masalah penggunaan bahasa Indonesia prikehidupan bangsa ini sebenarnya bukan hal yang baru.Semua setuju bahwa sejatinya bahasa Indonesia harus termanpaatkan pada semua lini kehidupan bangsa ini tentu kembali menghentak kita sebagai bangsa untuk tetap memperhatikan hal tersebut akan lebih baik kita menggunakan bahasa Indonesia.

Kejadian itu merupakan salah satu edikasi yang penting bagi bangsa ini tidak hanya teori tapi ingin kecintaan itu direalisasikan .Edukasi terhadap penggunaa bahasa Indonesia sejatinya diberika kepada siapa saja terutama tokoh masyarakath seperti pemeritah.

Edukasi tidak berbentuk kuliah atau pencatatan tetapi yang penting adalah contoh atau keteladanan. Masyarakat akan terasa terayomi dalam kecintaan bahasa Indonesia dengan realitas dilapangan.

Penggunaan bahasa Infonesia untuk inpormasi ditempat tempat umugm atau acara pormal seharusnya menjadi bahan edukasi pemerintah terhadap masyarakatnya.Pada tempat umum dan acara pemrrintah biasa tertulis atau digunakan bahasa asing padahal tak ada nilai tambah dari pe ggunaan tersebut.

Hal tersebut justru kura g mengedukasi masyarakat dan mengarah menjauhkan pada rasa nasionalisme.Mengapa harus di tulis WC?akan lebih baik ditulis toilet.

Baca juga :  TNI-Polri dan Satpol PP Gelar Operasi Yustisi

Marina Beach menjadi pantai marina. Police line menjadi Garis Polisi. Masih banyak contoh lain yang se ara keseluruhan tak menambah keunggulan sesuatu tersebut jika menggunakan bahasa asing.

Jika daerah lain masih menggunakan istilah bahasa “coffee morning”untuk pertemuano pejabatnya tentu lebih baik dikatakan “Minum Kopi dipagi hari itu salah satu contohnya.(Agus kuningan)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru