oleh

Momentum hari Lahirnya Pancasila

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Kali ini bisa dijadikan momentum akan kesadaran kembali Berpancasila atau memaknai Pancasila dalam arti yang sebenarnya, tidak hanya sebagai hafalan tetapi sebagai pedoman dalam pergaulan berbangsa dan bernegara.

Pancasila adalah sebuah aset keunikan Bangsa Indonesia, sebuah falsafah yang mampu menjadikan bangsa Indonesia yang bersuku-suku berbagai macam latar belakang adat, budaya dan agama hidup rukun dan berdampingan secara damai dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Pancasila sebagai dasar negara mengandung makna bahwa Pancasila dipergunakan sebagai pondasi untuk mengatur roda pemerintahan bernegara atau sebagai dasar untuk mengatur penyelengaraan negara.

Dengan demikian Pancasila berarti hukum dasar baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis dan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam negara Republik Indonesia harus bersumber dan berada di bawah pokok kaidah negara yang fundamental.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa sekarang rasa dan semangat berpancasila sudah mulai pudar atau bahkan mungkin sengaja dipudarkan oleh sebagian masyarakat yang tidak sadar akan makna dan manfaat Pancasila.

Disinilah dituntut kesadaran dan peran kita sebagai generasi muda untuk membangun dan menjaga Pancasila dalam arti yang sebenarnya, yaitu menjalankan kehidupan pergaulan berbangsa dan bernegara sesuai dengan setiap sila yang ada di dalam Pancasila itu sendiri.

Semoga kita dapat mengambil peran sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita untuk menjaga keutuhan Pancasila. (A Widhi/Red. Haji Merah/Kicaunews.com).

Hika
Ketua Umum Korps Indonesia Muda

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru