oleh

Aktivis BIM: Harus Ada Kajian Ulang Tentang Pancasila

JAKARTA, KICAUNEWS.C OM – Diera keterbukaan informasi ini, dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara, kembali diuji, Pancasila sebagai ideologi pemersatu bangsa, saat ini masih jauh dari cita-cita idealnya, sebab telah dicederai oleh kelompok kelompok yang memaksakan ideologi yg berlawanan dengan perstuan dan kesatuan bangsa.

Demikian disampaikan aktivis Barisan Indonesia Muda, Reza San Arkiteka, Kamis (01/07) kepada KICAUNEWS.com.

Reza menjelaskan, meskipun kondisi bangsa ini sebenarnya sudah lebih baik, dalam konteks keterbukaan dan demokrasi, namun masalah baru yang timbul saat ini adalah persoalan kesejahteraan yang belum merata, sebagaimana dibebankan dalam butiran Pancasila.

“Masalah baru yang timbul diera sekarang adalah, persoalan dengan kesejahteraan masyarakat yang masih belum merata, sehingga amanat yang dibebankan oleh sila ke 5 pancasila yaitu “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” seolah olah masih bersifat normatif.” jelas Reza.

Selain itu, Reza juga mengatakan, perlu adanya pengenalan, penekanan serta kajian kembali pada butir-butir pancasila kepada para generasi muda.

“Harus ada reintepretasi ulang terhadap konsep pancasila sehingga betul betul menjadi panduan hidup bertetangga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Namun bukan sebagai alat penekan dan penyeragaman paksa oleh penguasa seperri halnya yg terjadi pada era orde baru.” kata Reza. (A. Widhi, Red, Haji Merah/Kicaunews.com).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru