oleh

Pancasila Sebagai Kekuatan Bangsa !

OPINI, KICAUNEWS.COM – Pancasila merupakan sebuah kekuatan, sebuah ide yang berakar di Indonesia. Dalam Pancasila, terkandung Nilai-nilai yang dapat membangun sistem dalam masyarakat Indonesia.

Baik nilai moral sosial, toleransi, dan kemanusiaan, bahkan juga sistem demokrasi yang saat ini diterapkan oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Pancasila sejatinya harus bisa ditelaah secara analitis dan mendalam.

Selain itu, nilai-nilai Pancasila juga harus di kontekstualisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab Pancasila, tidak akan memiliki makna tanpa adanya pengamalan (di Kontekstualisasikan). Sejak Indonesia merdeka, Pancasila sudah final untuk dijadikan sebagai Ideologi negara.

Ideologi secara praktis diartikan sebagai sistem dasar seseorang tentang nilai-nilai dan tujuan-tujuan serta sarana-sarana pokok untuk mencapainya. Jika diterapkan oleh Negara maka ideologi diartikan sebagai kesatuan gagasan-gagasan dasar yang disusun secara sistematis dan dianggap menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya, baik sebagai individu, sosial, maupun dalam kehidupan bernegara.

Oleh karena itu, Pancasila merupakan ideologi dan juga kekuatan bangsa Indonesia yang dijadikan sebagai dasar negara. Jika Pancasila diamalkan dengan baik, maka kehidupan bangsa kita saat ini akan harmonis, bisa saling berdampingan serta mencapai keadilan sosial.

Dalam hal ini, Pancasila jangan hanya dijadikan sebagai simbol belaka, pancasila harus di amalkan dalam kehidupan sehari – hari. Pancasila sebagaimana kita yakini merupakan jiwa, kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Disamping itu Pancasila juga, telah dibuktikan dengan kenyataan sejarah bahwa Pancasila merupakan sumber kekuatan bagi perjuangan karena menjadikan bangsa Indonesia bersatu. (Op. Red, Haji Merah/KICAUNEWS.com).

Mugni Balyan A
Penulis adalah Ketua Umum Komunitas Banten Public Initiative

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru