oleh

Amanat UU Desa Sudah di Jalankan di Desa Cintaratu Pangandaran

PANGANDARAN, KICAUNEWS.COM – Sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang (UU) setiap kepala Desa, wajib memasang baliho rencana penggunaan anggaran pembangunan Desa.

Hal ini dilakukan agar realisasi pembanguna serta capaian pembangunan di desa diketahui masyarakat, bahkan masyarakat harus di libatkan dalam setiap kegiatan.

Upaya ini penting dilakukan oleh setiap kepala desa, agar kepala desa tidak dianggap bermain-main dalam mengelola anggaran desa, tak terkecuali dengan desa Cintaratu kecamatan Parigi, Pangandaran Jawa Barat.

“Untuk Desa Cintaratu kecamatan Parigi, kabupaten Pangandaran, sudah dilakukan, sebagaimana arahan Kemendes,” kata Kepala Desa Cintaratu, Supan Komarudin, BA. Saat kepada KICAUNEWS.com

Masyarakat, tambah Supan Komarudin, harus terlibat dalam pengelolaan Dana Desa, Desa kini bukan hanya objek dari pada Pembangunan tapi Desa adalah subjek dari Pembangunan Desa.

Amanat UU Desa  No 6 2014 , mendorong Desa untuk lebih mandiri pasti kami patuhi, namun terkait Pemerintah akan menaikan Dana Desa di Tahun 2018  menjadi 120 triliun , sehingga di perkirakan setiap Desa akan mengelola Dana Desa di kisaran 1,6-1,8 miliar rupiah.

Sementara untuk tahun ini , alokasi anggaran Dena Desa mencapai Rp 60 triliun dan tiap Desa akan menerima antara Rp 750 hingga Rp 800 juta  dan sampai akhir bulan ini mei 2017 pencairanya belum merata sehingga masih banyak beberapa Desa di Kabupaten Pangandaran yang masih mempending kegiatan pembangunan Desa.

Semua perencanaan pembangunan desa dan segala bentuk infrastruktur Desa, sudah di pampang dalam baliho mudah mudahan akan cepat terealisasi dan terwujud  sesuai harapan warga masyarakat Desa Cintaratu.sehingga langkah efisien PemDes akan di rasakan masyarakat karena mereka akan terlibat langsung dalam mengelola Dana Desa secara gotong royong. (Eva, Red. Kicaunews.com/Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru