oleh

Peran Guru Sebagai Seorang Pendamping

KICAUNEWS.COM — Guru berusaha sebagai membingbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimilikinya. Membingbing siswa agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas tugas perkembangan mereka sehingga dengan ketercapaian itu ia dapat tumbuh dan berkembang sehingga indipidu yang mandiri dan produktif.

Siswa adalah indipidu yang unik artinya tidak ada dua indipidu yang sama walaupun secara pisik mungkin indipidu kemiripan akan tetapi pada hakikatnya mereka tidak sama baik dalam bakat minat kemampuan dan sebagainya.

Disamping itu setiap indipidu adalah mahluk yang berkembang irama perkembangan mereka tentu tidaklah sama juga. Perbedaan itulah yang menuntut guru harus berperan sebagai pembingbing.

Hubungan guru dan siswa seperti hal seorang petani dengan tanamannya. seorang petani tidak bisa memaksa agar tanamannya cepat berbuah dengan menarik batang atau daunnya tanaman itu akan berbuah manakala memiliki potensi untuk berbuah serta telah sampe pada waktunya untuk berbuah.

tugas seorang petani menjaga agar tanaman itu tumbuh dengan sempurna tidak terkena hama penyakit yang dapat menyebabkan tanaman tidak berkembang dan tambah dengan sehat yaitu dengan cara menyemai menyiram memberi pupuk dan memberi obat pembasmi hama demikian thalnya dengan seorang guru.
Guru tidak dapat memaksa agar siswanya jadi” itu atau jadi ini” siswa akan tambah dan berkembang menjadi seseorang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya.

tugas guru adalah menjaga mengarahkan dan membingbing agar siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi minat dan bakat. Inilah maka peran sebagai pembingbing jadi inti peran guru sebagai pembingbing adalah terletak pada kekuatan intensitas hubungan INTERPERSONAL antara guru dengan siswa yang dibingbingnya.

Giru sebaiknya dapat memahami prinsip prinsip umim ko seling dan menguasai teknik dasar konseling untuk kepentingan pembingbing siswa kususnya ketika siswa mengalami kesulitan tertentu dalam belajar. (AGUS KUNINGAN)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru