oleh

Auditor Kena OTT Di Kait-kaitkan Soal Sumber Waras, BPK : Itu Tidak Benar

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Agung Firman Sampurna menepis bahkan membantah informasi yang menyebutkan bahwa auditor BPK yang ditangkap KPK merupakan auditor yang sama dalam kasus Sumber Waras.

“Kebetulan auditor yang kemarin diduga disuap soal WTP Kemendes itu tidak terlibat dalam kasus Sumber Waras,” kata Agung Firman Sampurna ketika dijumpai sesaat setelah Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun 2016 (LHP LKKL) di Auditorium Pusdiklat BPK, Jakarta Selatan, Senin (29/5).

Dijelaskan Firman, setiap rekomendasi maupun laporan keuangan yang disampaikan BPK merupakan hasil pekerjaan sebuah sistem, bukan individu maupun orang per orang. “Audit di BPK itu sistem, tidak tergantung pada orang per orang. Tetapi kami tetap menghormati langkah hukum yang dilakukan KPK,” ucap Firman.

Setelah operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK terhadap auditor utama Rochmadi Saptogiri, BPK sudah membebastugaskan yang bersangkutan dari segala aktivitas yang berhubungan dengan audit BPK.

Terkait kasus tesebut, BPK tidak akan mengaudit ulang kementerian yang disebut-sebut terlibat dalam praktik suap-menyuap. “Yang bersangkutan harus berkonsentrasi dengan kasusnya. Untuk itu akan dibebastugaskan dari jabatannya dan tidak akan ada audit ulang,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Agung menyatakan semua pihak seharusnya tetap mengedepankan asas praduga tidak bersalah sampai ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

“Seseorang dinyatakan bersalah sampai ada keputusan pengadilan berkekuatan tetap. KPK melakukan penegakan hukum, kita meyakini mereka menjamin hak-hak pegawai kita yang tertangkap,” katanya.

Sumber : Beritasatu

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru