oleh

Soal Survei Harga Bapok, Begini Tanggapan PMB Tangsel Pada Pemkot

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Pemerintah kota Tangerang Selatan melalui Dinas Perindustian dan Perdagangan melakukan survei harga bahan pokok, Jumat (26/04) di Pasar Modern BSD Serpong Tangerang Selatan.

Bersama Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Tangerang Selatan, mengecek dan berdialog dengan para pedagang di pasar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagang kota Tangerang Selatan, Malik Kuswari menjelaskan, Harga-harga bahan pokok terutama harga daging tidak mengalami kenaikan, namun meskipun begitu ada temuan yang mengejutkan di Pasar tersebut, yaitu kue yang di duga menggunakan zat yang tidak sehat. 

“Untuk harga bahan poko stabil tidaj ada kenaikan, harga daging stabil, ada yang 100 ribu per-kilo, 80 ribu per- kilo, dan harga telur dan bawang putih juga stabil, dengan harga kisaran 45 ribu per-kilo.” ujar Malik Kuswari, saat dihubungi wartawan kicaunews.com lewat telepon dan pesan singkat wats apps.

Menanghapi hal tersebut, ketua umum Dewan Pimpinan Daerah Poros Muda Berkarya kota Tangerang Selatan, Andre Maulana menjelaskan, langkah yang harus dilakukan oleh pemerintah kota Tangerang Selatan, adalah memastikan dan melakukan survei harga sebanyak 3 tahap survei.

“Survei pasar hendaknya dilakukan 3 kali survei, tahap pertama untuk meninjau kondisi harga dan ketersedian bahan pangan, kedua pemetaan harga dan stok, yang ketiga pemerintah menekan jika di khatirkan akan ada kenaikan drastis menjelang lebaran.” jelas Andre Maulana saat dimintai tanggapan oleh wartawan.

Selain itu, Andre juga menambahkan, pemerintah juga harus nengedepankan hal kecil, sebab bagaimana pun masalah bahan pokok atau masalah pangan akan berdampak langsung pada masyarakat kota Tangerang Selatan.

“Pemkot Tangsel perlu melakukan Antisipasi terlebih dahulu, menjelang puasa dan lebaran, pemda kan bisa bermitra dengan bulog maupun pengusaha pengusaha bidang pangan agar tidak terjadi kenaikan yang tinggi di kemudian hari, khususnya bulan puasa dan lebaran.” tambah Andre.

Baca juga :  Jalin Kerja sama Dengan Pemkot, NPC Production Sukseskan Ramadhan Fair Tangsel

Diketahui, Jumat (26/05) Disperindag kota Tangeranh Selatan, bersama Walikota Tangerang Selatan melakukan survei harga di Pasar Modern BSD Serpong, sebelumnya survei tersebut sempat dibatalkan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kicaunews.com, awalnya survei harga ingin dilakukan oleh Disperindag kota Tangerang Selatan, namun ada Intruksi dari Walikota untuk dituda.

Sampai berita ini diturunkan belum ada konfirmasi dari Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, kenapa survei harga bahan pokok ini ditunda.

Sebagaimana diatur dalan Permendag No 4 Tahun 2014, Harga Daging segar maupun harga daging beku harus maksimal dengan harga kisaran 80 ribu sampai 100 ribu per-kilonya.  (Red- Haji Merah/Kicaunews.com).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru