oleh

Jelang Ramadhan, Seluruh SKPD Pemkab Pangandaran Hadiri Acara Munggahan dan Sikaturahmi

KAB. PANGANDARAN, KIICAUNEWS.COM -Bupati kabupaten Pangandaran, menghadiri acara munggahan yang menjadi salah satu  tradisi Umat Islam  di Kabupaten pangandaran dalam menyambut Bulan Suci  Ramadhan 1438 H, ditandai dengan makan – makan bersama SKPD Pemkab pangandaran  yang dipusatkan di Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak, Rabu 24/5/2017 siang.

Ketua DPRD Iwan M Ridwan, memaparkan dalam sambutannya Acara punggahan ini  bertujuan untuk menggairahkan semangat  dalam mengamalkan ajaran agama, khususnya  dalam menunaikan ibadah Puasa Ramadhan sehingga dengan ibadah  puasa yang dilaksanakan itu dapat mengantarkan umat Islam kepada  suatu derajat yang sangat mulia di hadapan Allah SWT, sebagai upaya  untuk mewujudkan  masyarakat kabupaten Pangandaran yang  religius.

Kegiatan Punggahan yang menjadi tradisi umat Muslim  menyambut Bulan Suci Ramadhan merupakan kearifan lokal yang ada di  sebagian masyarakat  Muslim di Nusantara ini, khususnya  Islam dari Suku Jawa, dalam  bahasa Jawa “ Punggahan” berasal dari  kata “Munggah” yang artinya  adalah “Naik”  dengan kedatangan  bulan Ramadhan diharapkan  Umat Islam yang menunaikan  ibadah  puasa  Ramadhan “ Bisa munggah derajate atau naik derajatnya, karena ini udah Tradisi kita untuk saling memaafkan. paparnya.

Bupati H Jeje Wiradinata,  didampingi Ibu bupati Hj Ida Nurlaila, dan Wakil Bupati H Adang Hadari Beserta Ibu, Ketua DPRD Iwan M Ridwan beserta para anggota Dewan, pimpinan SKPD  dan Muspika Kecamatan kabupaten Pangandaran,   kegiatan munggahan  ini  menyampaikan  terimakasih dan  apresiasinya kepada  kaum Muslimin yang  hadir pada kegiatan  munggahan menyambut Ramadhan salah satu  kegiatan  yang mencerminkan  kegembiraan menyambut Ramadhan, Karenanya mari kita  manfaatkan  Bulan Ramadan ini  untuk meningkatkan  amal ibadah karena didalammnya banyak  keistimewaan.(Agus Salim)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru