banner 728x250

Sambut Ramadhan, Warga Lakukan Pawai Obor

  • Bagikan
banner 468x60

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Banyak cara bagi umat Islam dalam menyambut gembira ria seiring datangnya bulan suci ramadhan, dan tak jarang pula banyak tradisi yang dijalankan dalam menyambut bulan yang penuh keberkahan tersebut.

Seperti halnya pawai obor yang sering diadakan ini menjadi sebuah simbol dan tradisi tahunan yang menggelora di tengah-tengah masyarakat. Seperti yang dilakukan masyarakat Jalan KH Kuding RT 003/006 Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, Kota Tangerang ini.

banner 336x280

Nampak anak-anak, pemuda serta tokoh agama antusiasme melakukan tradisi pawai obor sambil berkeliling sambil diiringi gema dzikir, takbir dan shalawat.

Salah satu tokoh pemuda Pemuda Remaja Islam Masjid baiturrohim (RISBA) Rifai, menjelaskan kepada kicaunews.com kegiatan ini merupakan ajang memperkuat tali silahturahmi, serta bentuk ungkapan rasa syukur atas kesempatan yang paling berharga ini untuk kembali beribadah di bulan penuh barokah. 

“Ini adalah kegiatan rutin tahunan yang terus kami hidupkan dalam menyambut datangnya bulan penuh barokah dan ampunan. Yang lebih penting adalah, rasa syukur pada Allah yang telah memberikan kesempatan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan, ” kata Rifai kepada Beritatangsel.com di lokasi, Selasa (23/5/2017).

Pawai obor lanjut Rifai, bukan saja  sekadar menghidupkan tradisi masyarakat adat namun juga mengandung sarat makna Islami. Bagi warga Betawi, masih kata Rifai, tradisi pawai obor bukan hanya saat menyambut bulan Ramadhan tapi juga bulan suci lainnya seperti 1 Muharam dan tahun baru Islam.

“Tujuan utamanya untuk mengingatkan warga akan datangnya bulan ramadhan sekaligus untuk mempersiapkan diri. Baik secara fisik dan mental dalam menjalankan ibadah puasa,” lanjut Rifai. (Red – Haji Merah/Kicaunews.com).

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *