oleh

Terangi Pangandaran, Pihak PLN Terus Maksimalkan Perluasan dan Perbaikan

KAB. PAMGANDARAN, KICAUNEWS.COM — Sosialisasi PLN tentang kelistrikan di masyarakat di harapkan terus berkelanjutan dimana kurangnya kesadaran masyarakat terhadap PLN sering menjadi polemik yang tidak berkesudahan.

Pasalnya, karena sebagian masrakat desa belum faham atau bahkan lupa soal kelistrikan. Oleh karena itu peran serta PLN di butuhkan dengan melakukan sosialisasi melalui pemberitaan atau yang lainya .

Seperti dikatakan karsoli bagian pelayanan teknik ( YANTEK) kecamatan Parigi  saat di temui ketika sedang menjalankan tugasnya yaitu Perbaikan Jarijngan Tegangan Rendah  (JTR) dan rehab Saluran Udara Tegangan Rendah  ( SUTR) di Desa Bojongslawe Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran  pihaknya menjelaskan, bahwa betul masyarakat masih awam dalam memahami tentang kelistrikan.

Dia menjelaskan, Kini dengan kepemimpinan Kepala PLN Rayon Pangandaran yang baru, pilih Kondhang Paramarta di harapkan mampu menjawab keluhan masyarakat dan memberi faham terkait  pentingnya melakukan perbaikan JTR dan rehab SUTR dan beberapa istilah PLN lainya.

“tujuanya tentu saja sangat positif, menjaga agar peralatan / komponen dapat dioprasikan secara optimal berdasarkan spesifikasinya sehingga sesuai dengan umur ekonomisnya, menjamin jaringan tetap berfungsi dengan baik, menyalurkan energi listik dari pusat sampai ke sisi pelanggan, untuk menjamin keselamatan bagi karyawan yang sedang bekerja dari kemungkinan adanya bahaya akibat kerusakan dan kegagalan suatu alat hingga tujuan akhirnya yaitu untuk mendapatkan suatu kombinasi yang ekonomis antar berbagai faktor,” urainya.

Dia pun menambahkan, Untuk menjaga keselamat para petugas PLN  pemeliharaan rutin seperti ini harus melakukan   pemadaman sementara, nah persoalan ini yang masih kurang atau mungkin masyarakat tidak faham bahanya untuk para pekerja PLN tersebut.

masyarakat hanya bisa melihat dari sisi kerugian untuk diri sendiri atau terkait usahanya , namun di sisi lain jika pemeliharaan dan rehab hingga pemadaman tidak di lakukan hal ini bisa lebih merugikan semua pihak masyarakat luas tentunya, di karenakan peralatan / komponen tidak bekerja secara optimal atau bahkan rusak.

Oleh karena itu luas dan kompeknya keadaan jaringan distribusi dan system jaringan juga peralatan distribusi perlu di pelihara dengan baik setidaknya meliputi tiga macam pemeliharaan yaiitu;

  1. Pemeliharaan rutin ( preventif maintenance)
  2. Pemeliharaan korektif ( korektif maintenance)
  3. Pemeliharaan darurat ( emergency maintenance)

Penulis : Eva Lusita Biro Pangandaran

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru