oleh

Jelang Puasa, Harga Bahan Pokok Meroket, Prediksi Kemendag Meleset

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Setiap menjelang bulan suci ramadhan, biasanya harga kebutuhan bahan pokok di Indonesia akan mengalami kenaikan secara signifikan, terutama pada harga-harga kebutuhan yang sifatnya ada di dapur.

Untuk mengantisipasi hal itu, tahun ini, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, telah melakukan berbagai upaya, untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok tersebut.

Melalui operasi pasar, importasi dan penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET), Kementerian Perdagangan akan mengontrol harga bahan pokok, yang menjadi komoditas masyarakat khalayak banyak.

Demikian disampaikan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Ir. Tjahya Widayanti, dalam acara seminar nasional yang digelar oleh Kaukus Muda Indonesia, Selasa (16/05) di Ballroom Singosari Sahid Hotel Sudirman, Jakarta.

“Pemerintah telah memprediksi pergerakan harga komoditas bahan kebutuhan pokok, akan mengalami penurunan antara 1 persen, hingga 8 persen, kalau pun ada kenaikan hanya berkisar pada angka 1 persen sampai 4 persen.” kata Tjahya Widayanti diacara seminar nasional.

Selain itu, Dirjen Perdagangan ini juga menuturkan, Pemerintah melalui penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) akan melalukan stabilitas harga bahan pokok, dengan cara melakukan operasi pasar dan importasi. Adapun hasil daei Harga Eceran Tertinggi tersebut berkisar.

“Untuk komoditas gula harganya sebesar Rp 12.500,-kg, minyak goreng kemasan sebesar Rp 11.000,/kg dan daging beku sebesar Rp 80.000,/kg,” ujar Tjahya Widayanti.

Sebelumnya, Dirjen Perdagangan Kementerian Perdagangan, Ir. Tjahya Widayanti bersama Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU), (14/05) melakukan sidak, di Rumah Potong Hewan (RPH) Semanan Jakarta Barat, sebagai upaya melakukan monitoring harga daging di pasaran.

Senada dengan Tjahya, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, Abdullah Mansuri menilai, upaya Pemerintah dalam melakulan stabilitas harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan ini, masih meleset dan diambang batas aman.

Baca juga :  Giat Sosialisasi Lalu Lintas Polsek Jatibarang Siap Beri Motifasi Anak TK

“Harga-harga bahan pokok yang berada dipasaran saat ini tidak sesuai dengan prediksi pemerintah, dan mengalami kenaikan, sama seperti tahun sebelumnya.” kata, Abdullah Mansuri, saat dimintai keterangan wartawan kicaunews.com, selasa (16/05) diacara seminar.

Kenaikan harga bahan pokok di pasaran saat ini, tambah Abdullah, berada pada kisaran 2 persen sampai 10 persen, demikian dengan masalah importasi, harga bahan pokok yang bersumber dari dalam negeri ini juga, mengalami kenaikan secara signifikan, diatas 10 persen atau diatas batas aman yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagaimana diketahui, Kaukus Muda Indonesia, selasa (16/05) menggelar seminar nasional dengan tajuk ” Stabilitas Harga Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2017″, acara yang bertempat di Ballroom Singosari Sahid Hotel Sudirman Jakarta ini, dihadiri oleh pembicara papan atas.

Berikut ini pembicara yang hadir dalam acara seminar nasional Kaukus Muda Indonesia (KMI),  Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Ir Tjahya Widayanti, Dirjen Peternakan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian, I Ketut Diarmita, Ketua Komite Daging sapi Jakarta Raya, Sarman Simanjorang, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, Abdullah Mansuri dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Viva Yoga Mauladi

Dalam acara seminar nasional tersebut, Ketua Umum Kaukus Muda Indonesia (KMI) Edi Humaidi menilai dengan diadakanya seminar ini, kita semua tahu, bagaimana pemerintah bisa membuat kebijakan dan bisa memotong mata rantai ekonomi, seban kebijakan pemerintah dalam mestabilkan harga bahan pokok sangat di nanti oleh masyarakat.

“Pemerintah harus bisa membuat kebijakan dan memotong rantai ekonomi, agar terjamin harga yang stabil serta pasokan kebutuhan bahan pokok, rakyat sangat menantikan hal itu, dan kita berharap semoga Pemerintah bisa realisasikan kebijakan tersebut.” ujar Ketua Umum Kaukus Muda Indonesia, Edi Humaidi. (A Widy. Red- Haji Merah/Kicaunews.com)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru