oleh

Longsor Susulan Hantui Warga, HMI : Pemkot Tangsel Jangan Lambat Ambil Sikap

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany, sambangi warga yang terkena longsor susulan di Kampung Koceak, Kelurahan Keranggan, Kecamatan Setu, kota Tangerang Selatan Banten.

Di lokasi longsor, Selasa (09/05) Airin menjelaskan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan masih menunggu hasil kajian dari BPPT dalam merespon persoalan longsor susulan yang terjadi di Setu, Tangerang Selatan.

“Yang penting untuk sementara, mereka kan masih ada kerabat, sanak dan famili, yang menampung dan kita saat sedang menunggu hasil kajian BPPT seperti apa,” ujar, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, Selasa (09/05) di lokasi longsor, Kampung Koceak, Setu Tangerang Selatan.

Airin menjelaskan, Pemkot sebenarnya, memiliki rumah singgah, yang ada di daerah Pagedangan, tapi disatu sisi ada persoalan kesulitan.

“Kita (Pemkot) sebenarnya ada rumah singgah, yang ada di daerah pademangan, tapi disatu sisi juga ada persoalan kesulitan karena, barang barangnya warga sekarang ada ditempat pengungsian,” jelas Airin Kepada wartawan saat dimintai keterangan.

Sejauh ini, Airin Menambahkan, langkah pertama yang akan dilakukan Pemkot Tangsel, adalah melakukan pendekatan, dan diskusi bersama warga yang terkena longsor.

“Mereka pergi, siapa yang jaga, ini pun nanti pak camat akan melakukan pendekatan, diskusi dan ngobrol sama sama, dengan yang sekitar lima keluarga ini mau seperti apa, itu langkah pertama yang kita lakukan,” tambah Airin.

Selanjutnya, Pemkot Tangsel juga akan selalu waspada, pada saat dimintai keterangan dilokasi, Airin mengucapkan banyak terima kasih kepad Muspida (Kapolsek dan Danramil) yang telah sudah memantau terus dilokasi.

“yang kedua tentu selalu waspada, terima kasih kepada Danramil dan kapolsek karena sudah ada beberapa rumah yang sudah mulai retak, dan yang lainnya tentu kita berharap, bisa segera mencari solusi yang terbaik,” lanjut Airin Rachmi Diany.

Baca juga :  Soal Longsor Susulan di Tangsel : DPRD Beda Pendapat

Diketahui, Longsor yang terjadi di Kp. Koceak Kelurahan Kerangan, Setu Kota Tangerang Selatan, sebelumnya sudah pernah terjadi, dan longsor yang terjadi saat ini, adalah longsor kedua kalinya atau longsor susulan.

Senada dengan Airin, Ketua Umum HMI Komisariat Pamulang Cabang Ciputat, Aditya Bayu Wardana, menilai langkah Pemkot Tangerang Selatan lambat dalam memberikan solusi kepada warga yang terkena longsor susulan.

“Pemkot Tangsel harus segera menindak dan memberikan solusi cepat tanggap, bagaimana masyarakat di kampung Koceak, Setu Tangsel bisa nyaman, Pemkot terlalu banyak mikir,” ujar Ketua Umum HMI Pamulang, Aditya Bayu Wardana saat dihubungi Wartawan, Rabu (10/05), ditempat terpisah.

Mahasiswa Universitas Pamulang (Unpam) ini juga menegaskan, upaya pendekatan-pendekakatan yang ditawarkan Airin Rachmi Diany, kepada warga, tidak memberikan solusi untuk warga setempat yang terkena longsor.

“Pendekatan-pendekatan, memang masyarakat butuh pendekatan ?, pasti tidaklah, yang dibutuhkan masyakat adalah aksi nyata dari Pemkot, dalam meminimalisir longsor, dengan cara memberikan solusi cepat tanggap dan tepat, jangan hanya pendekatan saja.” tegas Adit, dalam pesan singkatnya saat dihubungi Wartawan.

Selain itu, Ketua Umum HMI ini juga meminta kepada Pemkot, agar segera melakukan upaya preventif, untuk warga yang terkena longsor susulan.

“Harus ada ketegasan dari Pemkot Tangsel, upaya jangka pendek yang harus dilakukan Pemkot dengan cara, menanaman pohon di sekitaran Setu, langkah ini juga menjadi salah satu upaya penting, dalam menegah longsor,” ujar Aditya Bayu Wardana.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari Dinas terkait, dan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany saat ini masih menunggu solusi dari dinas terkait. (Red- Haji Merah/Kicaunews.com).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru