oleh

Waduh… Tebang Pilih Soal Media, KPU Pemkab Pangandaran Dituding Abaikan UU Pers dan Pembatasan Media

KAB. PANGANDARAN, KICAUNEWS.COM — Dalam UU pers no 40 tahun 1999, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan meyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.

Tapi sayang, sepertinya UU Pers bagi sebagian kalangan salah satunya dilingkup KPU Kabupaten Pangandaran yang tak menghiraukan bahkan terkesan mengabaikan UU Pers. Pasalnya, ada oknum di tubuh KPU Kabupaten Pangandaran tak menggubris insan pers yang hendak mengkorfimasi bahkan terkesan tebang pilih dan membatasi media.

Seperti yang terjadi kepada beberapa Insan Pers media Online kicaunews dipangandaran, saat mencoba mengkonfirmasi soal pemberitaan terkait program Rumah Pintar Pemilu RPP dimana program tersebut adalah program KPU RI. Tetapi miris, Sifat dan Etika Ketua bersama Sekretarisnya terkesan tebang pilih antar media.

“Kami hanya mau mencoba mengkonfirmasi soal pemberitaan peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang belum lama ini diresmikan oleh Bupati Pangandaran, tetapi Ketua dan Sekretaris KPU seakan enggan menanggapi bahkan sampai tebang pilih soal Media,” Terang Eva salah satu Wartawan dari kicaunews.[Baca JugaCerdaskan Masyarakat Soal PEMILU, Bupati Pangandaran Resmikan RPP]

Tidak hanya itu, penolakan wawancarapun diungkapkan Sekretaris KPU Kabupaten Pangandaran dengan dalih sudah berlangganan dengan 2 media. “Kami sudah berlanggangan dengan 2 media ternama disini dan itu sudah cukup mencakup semua kebutuhan informasi di jawa barat,” Ujar Wartawan Kicaunews seperti meniru apa yang dilontarkan Sekretaris KPU Kabupaten Pangandaran kepada sejumlah insyan pers.

“Sikap dan etika seorang Pimpinanpun kurang ditunjukkan, Bukankah Pemimpin itu adalah pelayan,” Ujar wartawan kicaunews.

Baca juga :  Jelang Ramadhan, Seluruh SKPD Pemkab Pangandaran Hadiri Acara Munggahan dan Sikaturahmi

Sampai berita ini dirilis, sebelumnya pada selasa (25/4/2017) ada beberapa media yang mencoba mengkonfirmasi untuk menindaklanjuti pasca diresmikannya Rumah Pintar Pemilu (RPP) oleh Bupati Pangandaran kepada Ketua KPU Kabupaten Pangandaran.

jika mengacu kepada UU Pers ataupun UUD 1945 bahwasanya tidak ada larangan untuk berwawancara, apalagi pembatasan media di lingkup Pemerintah untuk mempublikasi.(Tim Pangandaran)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru