oleh

Akhirnya, Bahrullah Akbar Resmi Dilantik Wakil Ketua BPK RI

JAKARTA, KICAUNEWS.COM –  Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A., C.M.P.M. resmi menjadi Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang baru, setelah dirinya dilantik dan mengucapkan sumpah jabatan pada hari ini di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. Demikan seperti dikutip dalam keterangan resmi BPK, Jakarta, Rabu (26/4/2017).

Pengucapan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali ini dilakukan sesuai dengan Pasal 16 ayat (2) UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan yang menyatakan bahwa sebelum memangku jabatannya, Ketua dan Wakil Ketua BPK wajib mengucap sumpah atau janji menurut agamanya. Wakil Ketua BPK terpilih secara aklamasi dalam Sidang Anggota BPK yang berlangsung pada Jumat 21 April 2017.

Selain Bahrullah Akbar, Moermahadi Soerja Djanegara juga resmi menjadi Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang baru keduanya terpilih aklamasi dimana Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua tersebut dilaksanakan oleh Sembilan Anggota BPK sesuai dengan pasal 15 ayat (2) Undang-Undang Nomor 15 tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan yang menyatakan bahwa Ketua dan Wakil Ketua dipilih dari dan oleh Anggota BPK, serta Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan BPK Nomor 1 tahun 2009 tentang Tata Cara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua.

Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir jajaran Menteri Kabinet Kerja yakni, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Jaksa Agung Prastyo, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kesehatan Nila Moeloek dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah.

Selain itu hadir pula Ketua DPR Setya Novanto, Ketua DPD Oesman Sapta, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur wahid, Kepala BNN Budi Waseso dan Seluruh Anggota BPK RI.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru