oleh

Sektor Pariwisata di Cilacap Masih Minim Anggaran

Jawa Tengah, KICAUNews.com – Meski nyata-nyata mampu menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup potensial namun anggaran untuk pengembangan bidang pariwisata masih minim. Apalagi jika dibandingkan dengan banyaknya sektor yang harus diperhatikan.

Karena itulah banyak obyek wisata yang dikembangkan oleh sektor swasta. Seperti dikatakan oleh H Suryo Sudarmo yang ikut mengembangkan pariwisata di Kecamatan Sampang.

Melihat potensi wisata yang besar dan itu tidak bisa tergarap oleh pemerintah maka mantan pengusaha jamu itu pun membidikam salah satu wisata air di Sampang. Taman Sari Rasa menjadi salah satu karyanya.

“Kami melihat pariwisata sudah menjadi peluang usaha. Karena itu kami ingin membentu pemerintah untuk mengembangkan wisata di Cilacap,”kata dia.

Dia mengaku memilih wisata air karena itu bisa dikembangkan secara modern. Dan lokasinya juga bisa dipilih. Namun dia juga mengakui di Cilacap masih banyak potensi wisata yang belum tergali secara maksimal.

“Potensinya masih sangat banyak sehingga masih banyak kesempatan untuk pengembang untuk ikut terlibat. Kalau saya masih konsentrasi mengembangkan Taman Sari Rasa,”terang dia.

Sementara itu menurut salah seorang perangkat desa sebenarnya Cilacap kaya akan potensi wisata. Seperti diperairan sekitar Nusakambangan masih banyak obyek-obyek wisata yang bisa dikembangkan.

“Sayangnya katanya angaranya minim sehingga tidak bisa mengembangkan secara maksimal. Sebab satu tahun anggaran hanya cukup untuk mengembengkan satu obyek sisata saja,”katanya.

Padahal kalau dikembangkan sebenarnya akan mampu menyedot wisatawan datang ke Cilacap. dan itu potensi untuk yang lain. Sebab datangnya wisaawan juga akan menggerakan bidang ekonomi yang lain .

“Kalau banyak wisatawan datang tentu itu akan menjadi sarana untuk membelanjakan uang di Cilacap. sehingga tidak ada kesan lagi nyari duitnya di Cilacap tapi habiskan uangnya di Purwokerto,”ujar dia.

Baca juga :  Kadis Damkar Siagakan 15 Armadanya Untuk Pemadam Kebakaran di Semarang

Sementara itu Muharno dari Kelompok sadar Wisata Karangbanar Jetis Nusawungu mengakui jika perhatian di bidang pariwisata memang masih sanga minim. Karena itu perlu ada peningkatan.

Sumber : Radar Banyumas

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru