banner 728x250

Revolusi Kaki Lima Indonesia ‘The Midle Way’ Selamatkan Bangsa dan Negara RI

  • Bagikan
Buku Revolusi Kaki Lima yang disusun Oleh Ketum APKLI dr. Ali Mahsun Untuk Menjadi Pedoman PKL
banner 468x60

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, omzet PKL anjlok, ekonomi rakyat melamban dan daya beli masyarakat tak kunjung naik namun sebaliknya makin menurun.

Disamping itu, per 31 Desember Tahun 2015 Lalu harus bersaing dengan Gajah Kongsi Multinasional Asing di era MEA. Kondisi ini sudah meluas ke sektor produsen atau home industri, bahan baku mahal, harga jual rendah dan pembeli sepi.

ARTIKEL LAINNYA :

Lebih daripada itu, walau sudah ada Perpres RI Nomor 125/2012 yang merupakan perintah undang-undang yang mengikat dan harus dilaksanakan segenap stakholder tidak terkecuali oleh Pemerintan Pusat, Pemerintah Provinsi mau pun Pemerintah Kota/Kabuoaten namun penggusuran PKL masih marak diseluruh tanah air.

Jika dibiarkan serta didiamkan PKL akan bangkrutkan, ekonomi rakyat makin merosot dan dapat mengakibatkan melonjaknya kemiskinan dan pengangguran dan dampak muaratif yang ditimbulkan berupa kelaparan masif dan massal.

Melihat dinamika yang terjadi, Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) sangat mengkhawatirkan. “hal tersebut dapat memicu terjadinya revolusi Indonesia yang sangat mahal harganya, serta mengancam eksistensi dan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945″, tegas Pidato Ketua Umum Terpilih (Aklamasi) DPP APKLI Periode 2017-2022 dr. Ali Mahsun, M. Biomed.

Pemimpin Redaksi KICAUNEWS Eky Marsal Firdaus mengucapkan selamat atas terpilihnya
dr. Ali Mahsun Ketua Umum APKLI 2017-2022 Usai Sidang Pleno

Diketahui, pada Munas V APKLI bertemakan “Blue Print Percepatan Perang Gerilta PKL Prasyarat Kembalikan Kedaulatan Ekonomi Bangsa Berdasarkan Pancasila” di Aula Lafran Pane Graha Insan Cita Depok Jawa Barat Senin 17 April 2017 APKLK Menggaungkan Revolusi Kaki Lima.

Oleh karena itu, per Maret 2015 APKLI memutuskan lakukan percepatan perang gerilta PKL kawasan ekonomi strategis diseluruh Indonesia untuk menegakkan kembali ekonomi rakyat dan mengambalikan kedaulatan ekonomi bangsa Indonesia.

Turun gunung melindungi, menata dan memberdayakan PKL. Dengan atau tanpa kehadiran Negara RI dalam hal ini pemerintahan Jokowi-JK, APKLI bertekad bulat melakukan Revolusi Kaki Lima Indonesia. Yaitu melakukan perubahan mendasar usaha PKL dalam tempo sesingkat-singkatnya PKL mampu survival dan unggul menghadapi multinational corporation, over body dan over capacity.

“Menghadap-hadapkan PKL dan ekonomi rakyat  dengan kongsi multinasional asing di era perdagangan bebas berbaju MEA atau lainnya laksana ADU SEMUT LAWAN GAJAH sungguh sangat tidak adil (unfairness)”, ujar Ali dokter  ahli kekebalan tubuh jebolan FKUI Jakarta.

‘Revolusi Kaki Lima Indonesia merupakan The Midle Way atau jalan tengah untuk menyelamatkan bangsa dan negara RI, untuk mencegah terjadinya revolusi Indonesia yang ongkos politiknya sangat mahal dan bisa mengancam eksistensi dan keutuhan NKRI Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Oleh karena itu, pemerintahan Jokowi-JK seharusnya menjadi bagian dari Revolusi Kaki Lima Indonesia. Yaitu: 1). Revolusi Lahan Usaha PKL, 2). Revolusi Keuangan Usaha PKL, 3). Revolusi Akses Barang dan Jasa Yang Dijual PKL, 4). Revolusi Teknologi Informasi dan Komunikasi Usaha PKL, dan, 5). Revolusi Pendampingan Usaha PKL.

APKLI juga mendesak Presiden Jokowi segera membatalkan kebijakan deregulasi perlonggar ijin ritel modern karena menjajah dan menindas PKL dan ekonomi rakyat. Juga mendesak Presiden Jokowi segera terbitkan Inpres RI, perintahkan Kementrian Terkait dan BPOM, serta Bupati, Walikota dan Gubernur se-Indonesia segera melaksanakan Perpres RI 125/2012 dan menerbitkan Perda Penataan dan Pemberdayaan PKL.

“Namun jika yang terjadi adalah sebaliknya, menghambat Revolusi Kaki Lima Indonesia maka APKLI tidak bertanggungjawab jika terjadi Revolusi Indonesia”, pungkas Pidato Ketua Umum/Formateur Terpilih (Aklamasi) DPP APKLI Periode 2017-2022.(Hen)

Print Friendly, PDF & Email
ARTIKEL YANG DISARANKAN :
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *