oleh

Antisipasi Permainan Harga Sembako di Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Ini Langkah KPPU

TANGERANG, KICAUNEWS.COM — Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bakal menindak tegas pada pelaku usaha yang sengaja memainkan harga jelang Ramadan dan Hari Raya Lebaran 2017 mendatang.

“Terkait permainan harga, kalau ada produsen, distributor, atau retailer yang coba-coba melakukan tindakan anti persaingan, yang membuat harga jadi tidak stabil, maka kami, KPPU akan mengambil tindakan tegas pada mereka,” kata Ketua KPPU Syarkawi Rauf, Minggu (16/4/2017) di rumah Makan Mang Engking BSD Tangerang.

Dijelaskannya, KPPU bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian sudah membuat kesepakatan bersama produsen, distributor, dan pengecer semua bahan makanan strategis untuk menjaga harga tetap stabil.

“Ini upaya untuk mendorong supaya harga bisa terjangkau konsumen menjelang Ramadhan ataupun setelahnya,” jelasnya.

Menurut Syarkawi, Kementerian Perdagangan misalnya menjanjikan akan mengambil tindakan hingga pencabutan izin jika mendapati pelaku usaha yang sengaja memainkan harga.

“Kepada mereka yang sengaja membuat tindakan yang bisa membuat harga menjadi tidak stabil, Menteri Perdagangan punya kewenangan mencabut izin dan lain sebagainya. Kami di KPPU dan pemerintah tidak main-main dengan persoalan ini,” kata Syarkawi.

Dalam forum kali ini, KPPU Juga Mengatakan mengajak teman-teman jurnalis untuk sama-sama membantu pemerintah dalam pengawasan dilapangan.(Tris/Mat)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru