oleh

Soal Pembangunan RS IMC Bintaro, Jubir Warga Sebut IMC Langgar Kesepakatan

KOTA TANGSEL, KICAUNEWS.COM –Mega Proyek pembangunan gedung tambahan RS Ichsan Medical Center (IMC) kembali dipersoalkan warga Vila Bintaro Indah (VBI), Jombang, Ciputat, Kota Tangsel. Pasalnya, warga yang diwakili oleh juru bicaranya ini, Walneg, menyebut bila pihak RS IMC Bintaro yang akan mendirikan gedung tambahan berlantai tujuh tersebut, telah melanggar kesepakatan bersama antara warga RW 05 VBI dengan pihak IMC Bintaro.

Diungkapkan Walneg, adanya pelanggaran kesepakatan oleh pihak IMC dengan warga, lantaran pada Senin, 4 April lalu, IMC melakukan aktifitas dilokasi pembangunan rumah sakit tersebut meski sebelum melakukan aktifitasnya, IMC berkirim surat kepada warga pada hari Minggu, 3 April 2017.

“Dia (IMC) berkirim surat kepada kita hari minggu, tapi kerjanya dimulai hari Senin,” katanya menjelaskan kepada wartawan, Selasa (11/4/2017) malam lalu.

Walneg bilang, adanya surat dari IMC kepada warga, ia pun mengatakan telah melakukan balasan surat kepada IMC. Tak hanya itu, balasan surat tak hanya ditujukan kepada pihak IMC, namun, surat dari warga VBI juga ditujukan kepada Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany yang meminta agar Walikota turun kelokasi.

“Ini kan namanya melanggar kesepakatan dengan warga. Makanya surat juga kita tujukan ke walikota,” ujarnya.

Atas adanya pelanggaran kesepakatan itu, Walneg menegaskan akan mempersiapkan gugatan hukum perdata, pidana dan mem-PTUN-kan persoalan tersebut.

“Kita juga sedang meminta perlindungan advokasi kelembaga diatas walikota. Kita sudah ke DPR-RI, kita sudah ke ombudsman dan akan ke kementrian kesehatan dan Kementrian LH. Karena ada unsur tindakan melawan hukum,” bebernya.

Ditempat yang sama, kuasa hukum warga VBI, Dahlan Pido mengungkapkan, proses mediasi antara warga dan pihak RS IMC Bintaro telah berulang kali dilakukan. Akan tetapi, selalu berujung deadlock. Hal ini, lantaran pihak IMC menolak membeberkan mengenai dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Baca juga :  Selain Izin Bermasalah, Inilah “Dosa” (Lagi) RS IMC Bintaro Terhadap Warga Villa Bintaro Indah

“Kita sudah beritikad baik, sekurangnya ada 10 kali mediasi yang dilakukan anatara warga dan pihak IMC, dinas terkait ikut juga menyaksikan. Dan kini melanggar kesepakatan yang telah di capai. Maka nya akan kami PTUN kan perijinannya,” tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumya ratusan warga VBI menggeruduk proyek RS IMC Bintaro yang berlokasi di Jalan Raya Jombang-Ciledug beberapa waktu lalu, tepatnya pada Sabtu (25/2/2017). Hal ini lantaran warga menilai sarat dengan masalah dalam hal proses keluarnya Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) serta Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). (Hen)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru