oleh

BPK Goes to Campus, Bahrullah Akbar : Peran BPK Dalam Mengkawal Nawacita

 

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia menggelar Goes to Campus di sejumlah kampus di tanah air. pada Rabu (12/04/2017), kini giliran Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang disambangi oleh lembaga BPK RI.

Acara yang dikemas dalam dialog terbuka itu digelar dengan mengusung tema ‘peran BPK Dalam Mendukung Akuntabilitas & Tranparansi Keuangan Negara’ juga dihadiri ratusan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (STPD), mahasiswa termasuk dosen UNJ dan Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Prof. Dr. Bahruah Akbar yang mewakili BPK RI yang Sebelumnya rektor Prof Dr Djaali M Pd membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dalam Pemaparannya, Anggota VI BPK RI Bahrullah Akbar menuturkan, Goes to Campus bertujuan memperkenalkan tugas dan fungsi BPK sebagai salah satu lembaga tinggi negara.

Selain itu, Bahrullah Akbar juga memotivasi para mahasiswa untuk belajar dengan baik dan berperan aktif dalam berorganisasi baik organisasi internal maupun eksternal kampus sehingga apa yang dicita-citakan dapat segera terwujud.

Bahrullah menjelaskan, dimana Tugas BPK adalah untuk menyelamatkan uang negara. Jadi dalam kegiatan ini kami memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana mengelola uang dengan baik. Sebab, tidak mustahil kedepannya mereka jadi pejabat negara, selama mereka memiliki tekad dan kemampuan untuk maju.

“Makanya saya sarankan kepada para mahasiswa untuk aktif dalam berorganisasi,” terangnya.

Bahrullah menambahkan, Untuk mewujudkan tujuan negara, perlu dibangun suatu sistem pengelolaan keuangan negara yang bertumpu pada prinsip-prinsip ketertiban, ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan akuntabel.

“BPK memiliki tugas mengawal agar pengelolaan keuangan negara dilakukan secara terbuka (transparan) dan bertanggungjawab (akuntabel) untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” Tandasnya. (Ky)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru