oleh

Kampanye Sehat, Pilkada Kuat

Oleh : Farhan Hafrizal

KICAUNEWS.COM — Saat ini bangsa Indonesia sedang diterpa bencana pemberitaan bohong alias Hoax, baru-baru ini, muncul video kampanye yang diduga diproduksi oleh Tim sukses pasangan Calon Gubernur Jakarta Ahok-Jarot, yang sempat menjadi viral di sosial media.

Pro dan kontra pun kembali terjadi dan bergolak, bahkan nada kontra muncul dari Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jakarta Selatan, hal ini disebabkan karena, deretan tayangan video tersebut, terlihat tendensius memojokan umat Islam.

Dalam video tersebut, terdapat framing opini, yang menyudutkan umat Islam anarkis, dalam video itu, umat Islam digambarkan sebagai sekelompok orang anarkis, rasis, bahkan juga radikal, yang mengarah pada aksi-aksi terorisme.

Menanggapi persoalan itu, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam, Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jakarta Selatan, menilai video kampanye tersebut dinilai bertentangan dengan UU ITE, hal ini disebabkan karena, dalam video tersebut, terdapat unsur dan muatan yang berbau, sara, kebencian, suku, ras dan agama, yang itu mengarah pada kontra kedaulatan bangsa, atau memecah belah bangsa.

Pembuatan video kampanye tersebut bisa dikenakan UU Informasi dan Transaksi Elektronik, pasal 28 ayat 1. Dalam bab ketentuan pidana yang tertera dalam UU ITE tersebut, tercantum rincian ancaman pidana penyebar hoax, sebagaimana yang tercantum dalam pasal 45 atau 2 UU ITE.

Maka, dengan adanya persoalan diatas, Himpunan Mahasiswa Islam cabang Jakarta Selatan, mendukung pihak penegak hukum, dalam hal ini pihak Kepolisan agar segera menindak tegas para pelaku penebar kebencia tersebut. Selain itu, video tersebut juga bisa menciptakan konflik Horizontal, yang nantinya menggangu proses pilkada DKI Jakarta 19 April 2017 mendatang.

Penulis Adalah Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah, HMI Cabang Jakarta Selatan.

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru