oleh

Upaya Menyajikan Internet di Pedalaman

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Di masa kini, internet sudah jadi kebutuhan bagi banyak orang terutama di perkotaan. Di kota-kota besar, bukan hal sulit memperoleh akses internet yang cepat dan stabil. Namun, bagi wilayah-wilayah pedalaman atau remote area, memperoleh dan menghadirkan akses internet merupakan tantangan tersendiri.

Indonesia, sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau, menghadirkan internet bagi seluruh wilayah adalah pekerjaan yang sangat sulit. Dalam acara Financial Close Proyek Palapa Ring Paket Timur, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengungkapkan membangun infrastruktur di wilayah Timur Indonesia tidak menguntungkan secara bisnis tapi bagi pemerintah harus dikerjakan.

Rudiantara membandingkan throughput (tingkat proses maksimum) koneksi internet rata-rata di Jakarta berada di angka 7Mbps. Menurut Rudiantara, angka tersebut berarti menempatkan Jakarta berada di posisi nomor 2 di ASEAN setelah Singapura. “Kita (Jakarta) lebih bagus dibanding Kuala Lumpur dan Bangkok.”

Namun, wilayah Papua dan Maluku memiliki throughput 300Kbps. Dengan koneksi yang lambat tersebut, masyarakat Papua dan Maluku harus membayar lebih mahal daripada apa yang dinikmati di Jakarta.

Proyek Palapa Ring Paket Timur belum menyelesaikan permasalahan koneksi internet terutama di area-area terpencil. Permasalahan terutama menyangkut wilayah Indonesia yang terdiri dari sangat banyak pulau dan wilayah-wilayah dengan kontur geologi yang beragam.

“Membangun backbone (melalui Palapa Ring Paket Timur) belum menyelesaikan masalah. Bagaimana dengan daerah-daerah yang remote. Kita harus membangun satelit. High throughput satellite,” kata Rudiantara.

Guna memberikan akses internet bagi wilayah terpencil di Indonesia, pemerintah akan membangun High throughput satellite yang dimulai pada semester II-2017. Selanjutnya, proyek tersebut direncanakan meluncur pada 2021.

Sumber : Tirto.id

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru