oleh

BMKG Mengembangkan Produk Informasi Maritim Ocean Forecast System (OFS)

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Menkomaritim  Luhut Binsar Panjaitan melakukan kunjungan kerja Ke Kantor BMKG Pusat, Jl. Angkasa Pura 2 Kemayoran,  Jumat, (31/3/17).

Luhut mengatakan kecanggihan luar biasa peralatan yang ada di Gedung Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Pengen mengembangkan teknologi dengan menggunakan soft ware dalam negeri. Ada 5 mahasiswa dari mancanegara belajar BMKG. Dan BMKG kita diakui Badan Meteorolog Internasional. Kita harus bangga.  Data BMKG yang dibutuhkan bisa lebih cepat.

Luhut menambahkan sebagai negara maritim dengan dua per tiga luas wilayah merupakan lautan informasi cuaca Iaut sangat dibutuhkan di Indonesia. Layanan informasi dibutuhkan oleh berbagai sektor untuk mendukung beragam aktivitas di laut. Antara lain sektor transportasi, pertambangan, perikanan, tambak garam, SAR. mitigasi

bencana. konservasi (kesehatan terumbu karang) hingga mendukung kebutuhz riset di Indonesia.

Kepala BMKG Andi Eka Sakya menjelaskan tantangan yang dihadapi BMKG saat ini yaitu memberikan informasi yang cepat, tepat, tanggap, dan akurat. Termasuk untuk menjawab tantangan di bidang maritin dengan beragam kebutuhan informasi dari berbagai sector. Untuk itu, BMKG sejak tahun 2016 mulai mengembangkan produk informasi maritim Ocean Forecast System (OFS) sebagai wujud dalam upaya menjawab kebutuhan masyarakat.

Layanan informasi produk OFS ini merupakan bagian dari Meteorology Early Warning System (MEWS) dan menjadi satu kesatuan produk informasi prakiraan cuaca BMKG. Tidak hanya informasi prakiraan gelombang, melalui OFS masyarakat dapat memperoleh informasi arus, suhu, salinitas per lapisan kedalaman dan informasi trajectory yang dapat dimanfaatkan untuk monitoring tumpahan minyak dilaut serta mendukung operasional SAR.

OFS merupakan salah satu inovasi system prakiraan  maritim BMKG yang tersedia selama 24 jam dan memberikan informasi cuaca laut hingga 7 (tujuh) hari ke depan.

Baca juga :  Bali Di Guncang Gempa !!!

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat. produk informasi  ini dilakukan (makukan update dua kali sehari Untuk memperoleh informasinya juga sangat mudah dan dapat diakses terbuka oleh siapa saja meIalui alamat website peta-maritim. bmkg.go.id/ofs pungkasnya.

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru