oleh

KPK gelar kegiatan pelatihan bersama Apgakum 2017

Tangsel, KICAUNews.Com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Unit Koordinasi dan Supervisi Bidang Penindakan terus berupaya mendorong percepatan pemberantasan tindak pidana korupsi dengan menggelar pelatihan bersama aparat penegak hukum. Hal ini bertujuan untuk mendorong percepatan pemberantasan tindak pidana korupsi dengan meningkatkan kapasitas aparat penegak hukum ( apgakum )

Menurut Ketua KPK, Agus Rahardjo, kegiatan ini dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi dan pengembalian kerugian keuangan negara, khususnya di Provinsi Banten. Dari sinergi ini diharapkan dapat terwujud kerja sama yang lebih efektif di antara lembaga dalam upaya pemberantasan korupsi.
“Sinergi dan kerja sama ini mutlak dibutuhkan agar penanganan perkara tindak pidana korupsi berjalan lebih efektif. Peningkatan kapasitas penegak hukum diselenggarakan, mengingat kita perlu mengantisipasi modus korupsi yang kian canggih,” ujar Agus, Senin (27/2/17)
Ia juga mengatakan kegiatan ini merupakan realisasi dari fungsi mekanisme pemicu yang dimiliki KPK guna mempercepat proses penanganan perkara tindak pidana korupsi yang sedang ditangani aparat penegak hukum lainnya.
Oleh karena itu, pelatihan ini menjadi penting untuk meningkatkan kapasitas aparat penegak hukum, mulai dari tingkat penyelidikan, penyidikan, penuntutan, hingga eksekusi dalam rangka penyelamatan aset negata hasil tindak pidana korupsi.

Kegiatan yang berlangsung selama lima hari di Hotel Santika Premiere Bintaro, Tangerang Selatan, nantinya akan diikuti oleh 172 peserta dari beberapa institusi, yang berasal dari penyidik OJK, Penyidik KPK, pemeriksa PPATK, penyidik POM TNI, auditor BPK RI perwakilan Banten, penyidik Bareskrim Polri, auditor perwakikan BPKP Banten, penyidik Polda Banten, penyidik dan jaksa penuntut pada kejaksaan tinggi Banten, dan jaksa Jampidsus Kejaksaan Agung.
Sejak tahun 2012, pelatihan ini telah diikuti oleh 3.137 aparat penegak hukum dari berbagai provinsi di Indonesia.( Sutrisno )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru