oleh

Dilantik walikota Airin, Tim Saber Pungli Incar Pelayanan Publik Di Tangsel

KOTA TANGSEL, KICAUNEWS.com — Pungutan liar atau pungli yang disinyalir masih kerap terjadi di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), terutama ditempat-tempat yang terdapat pelayanan kepada publik, melayani publik, mau tak mau membuat pemerintah setempat mengambil langkah tegas dengan mengukuhkan Tim Saber Pungli yang akan melakukan penindakan praktik tersebut.

Diungkapkan Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, usai dilantik Tim Saber Pungli harus sudah langsung bekerja. Bang Ben, sapaan Benyamin Davnie menjelaskan, pelayanan publik, seperti layanan kependudukan, layanan perizinan dan layanan lainnya menjadi target utama untuk dibersihkan dari praktik pungli.

“Mekanismenya nanti akan disusun oleh Ketua Tim (Wakapolres Tangsel) untuk segera berjalan. Tim Saber Pungli ini melibatkan Kepolisian, Denpom, Kejaksaan Negeri, Denpom 1/TNG, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan kalangan akademisi,” katanya di Balaikota Tangsel usai pengukuhan 30 anggota Saber Pungli, Selasa (28/2).

Sementara Walikota Airin Rachmi Diany menjelaskan bahwa pembentukan Tim Saber Pungli merupakan program dari pemerintah pusat. Ia tak memungkiri jika praktik pungli masih terjadi di sejumlah lini pelayanan publik yang dijalankan pemerintah daerah setempat.

“Pungutan Liar diketahui sangat tidak sesuai, berlawanan dengan reformasi birokrasi dalam upaya memberikan pelayanan terbaik,” ujar Airin.

Airin menambahkan, penyebab terjadinya praktek pungli adalah rendahnya tingkat kesadaran birokrasi terhadap prinsip-prinsip pelayanan publik, rendahnya integritas para oknum dikalangan birokrasi dan tidak optimalnya pelaksanaan sistem pengendalian internal yang ada di birokrasi. Ketiga aspek ini yang saat ini telah disikapi oleh Pemkot dalam upaya membuat langkah-langkah intensif dalam memperbaiki sistem pelayanan publik.

“selama 5 tahun ini sampai sekarang dalam hal peningkatan pelayanan publik, Pemkot telah berupaya dalam meningkatkan sarana dan prasarana, sistem mekanisme dalam hal peningkatan pelayanan terus diperbaiki serta Sumber Daya Manusia tetap kita tingkatkan,” beber Airin.

Baca juga :  Polres Tangsel, Kodim 0506/Tangerang dan Forkopimda Deklarasi Penolakan Rumah Ibadah dijadikan Tempat Kampanye

Airin berharap apa yang menjadi visi dan misi kota Tangsel tahun 2016-2021 dengan kolaborasi yang baik atas semua pemangku kepentingan baik pemerintah, Kepolisian, Kejaksaan serta unsur kepentingan lainnya dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di Kota Tangsel terutama dalam hal peningkatan pelayanan publik.

“Untuk mengawasi kinerja para SKPD dalam hal pelayanan publik, maka pemerintah akan segera meresmikan aplikasi “SIARAN TANGSEL” yang rencananya akan diresmikan pada tanggal 6 Maret 2017,” tandasnya. (Hen)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru