oleh

Sedang Asik Terima Setoran, 5 Oknum PNS Dinas Pendidikan Konsel Kena OTT

KONSEL, KICAUNEWS.com — Tim Sapu Bersih Pungutan liar (Saber Pungli) Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Operasi Tangkap  Tangan di Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Konawe Selatan.

Dalam operasi tangkap tangan tersebut tim Sapu Bersih Pungli mengamankan lima pegawai negeri Sipil yanmg diduga melakukan pungutan liar, Senin (27/2) Seperti diberitakan bisultra.com.

Dalam OTT dilingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konawe Selatan itu dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Konsel Iptu Ismail SH sekitar pukul 12.30 Wita.

Kasat Reskrim Polres Konsel Iptu Ismail Pali yang memimpin operasi tersebut menjelaskan, pihaknya sebelumnya mendapatkan laporan dari inisial RD. Bahwa di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konsel, sementara berlangsung pendataan penerimaan tunjangan profesi guru dan didalamnya ada pungli.

“Laporan tersebut kita tindak lanjuti, karena ada beberapa pihak merasa dirugikan dimana dipatok sejumlah uang untuk pengurusan berkas tersebut. Rata-rata ada yang menyetor Rp. 100 ribu hingga Rp. 700 ribu,” ungkapnya.

Pada saat tim saber pungli polres Konsel tiba di TKP, pihaknya langsung mendapati seorang guru menyetor sejumlah uang kepada staf, dimana penerima uang tersebut terbagi tiga, ada untuk pengurusan sertifikasi SD, SMP dan SMP satu atap (Satap).

“Untuk sementara kita baru amankan lima orang, mereka ini belum diketahui apakah staf atau apa intinya mereka adalah pihak yang berkompeten dalam masalah ini. Kemudian sejumlah uang, namun nilainya belum kita hitung dan ratusan berkas yang juga didalamnya sudah diselip amplop berisi uang,” jelasnya.

Dia menambahkan, semua berkas yang berada diruangan Bidang Pembinaan dan Ketenagaan dijadikan sebagai barang bukti. Untuk jumlah uangnya belum bisa diketahui berapa totalnya.

Iptu Ismail membeberkan, Dimana lima staf tersebut yakni berinisial HR, SS, SM, HD dan HT. Tertangkap sementara melakukan transaksi uang pelicin untuk pengurusan sertifikasi guru SD dan SMP se Konsel.

Baca juga :  Memperingati HUT Bhayangkara, Polres Tangsel Gelar Kompetisi Basket

Sementara salah seorang warga yang ikut dalam OTT tersebut mengungkapkan, Hal ini baru ada yang ditangkap. “Mudah-mudahan jangan yang kecilnya saja, tetapi yang besar-besar juga di tangkap,” Kata salah seorang warga yang turut menyaksikan OTT tersebut. (Red)

Sumber : bosultra.com

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru