oleh

Selain Izin Bermasalah, Inilah “Dosa” (Lagi) RS IMC Bintaro Terhadap Warga Villa Bintaro Indah

Kota Tangsel, Kicaunews.com – Tidak transparansi pihak Rumah Sakit Ichsan Medical Center (RS IMC) Bintaro kepada warga di Perumahan Villa Bintaro Indah terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) perluasan bangunan RS IMC Bintaro menimbulkan polemik berkepanjangan.

Sebab, perluasan bangunan rumah sakit yang menggunakan lahan sekitar dua hektar tersebut dalam penanganan Amdal dan IMB, masyarakat setempat mengaku tidak dilibatkan dan tidak adanya sosialisasi dari pihak RS IMC Bintaro.

“Permintaan kami agar (RS-red) IMC berhenti membangun sementara sudah kami sampaikan berkali-kali melalui surat keberatan ke IMC, sudah 4 bulan lamanya melalui dialog terbuka dengan warga,” Kata Jay selaku juru bicara tim mediasi warga Villa Bintaro Indah kepada awak media di Ciputat, Kota Tangsel. Sabtu (25/2/2017) kemarin.

Masih kata Jay, hingga kini dari pembangunan tersebut warga mengaku “menanggung” dampak negatif dari RS IMC Bintaro. “Kebisingan akibat pekerjaan kontruksi yang sampai 24 jam nonstop!, “ paparnya.

“Debu yang beterbangan ke rumah warga, saluran air yang mengalir ke perumahan warga menjadi kotor dikarenakan limbah serta ancaman limbah B3 (Beracun, Berbau dan Berbahaya-Red) yang bisa mengakibatkan cacat fisik atau mental kepada masyarakat sekitar, Bayangkan?, “ Tanya Jay.

Dampak lebih fatal untuk kedepannya bagi warga di Perumahan Villa Bintaro Indah yakni, sinar matahari akan terhalang oleh tingginya bangunan yang mencapai tujuh lantai.

Sementara itu, Ketua RW 11 Perumahan Villa Bintaro Indah, Herman mengatakan warga tidak punya niat untuk menolak pembangunan RS IMC Bintaro karena manfaatnya disadari akan membantu pelayanan kesehatan masyarakat luas.

“Namun, tolong yakinkan dan tunjukan kepada warga bahwa IMC memiliki hasil kajian yang komprehensif dan jelas tentang AMDAL dan antisipasi pengerjaan proyek manusiawi, tidak mengusik ketentraman warga, “ ketusnya.

Baca juga :  327 Peserta Didik Wilayah K3S Purwahaja Kota Banjar Ikuti USBN Tahun Ajaran 2018-2019
Mega Proyek Perluasan Pembangunan RS IMC Bintaro (Foto: Warga VBI)

“Warga VBI ini bukanlah warga yang bodoh dan kami sangat paham segala proses ini. Setelah tim kami meneliti awal dokumen dan proses perizinan pembangunan IMC 7 lantain ini, kami menduga banyak masalah didalamnya. Karenanya, saya menghimbau kepada manajemen RS IMC, janganlah arogan dan hargai aspirasi warga, karena kami sudah tinggal lebih dari 20 tahun di lingkungan sini, “ harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sekitar 300 Warga dari Perumahan Villa Bintaro Indah Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat Kota Tangsel melakukan aksi didepan Kantor Proyek pembangunan Rumah Sakit IMC (Ichsan Medical Center) Bintaro pada Sabtu (25/2/2017) kemarin.

Dalam aksi yang dinamai Aksi Bela VBI 252 ini, warga menuntut tiga poin penting yakni, berhentikan proses pembangunan IMC secara total sampai semua tahapan dan informasi perizinan tersebut jelas dan benar.

Perbaiki dan jalankan tahapan perizinan dan kajian AMDAL sesuai ketentuan yang berlaku. Ketiga, Libatkan perwakilan warga secara terbuka dalam keseluruhan proses dan tahapan kajian AMDAL serta perizinan lainnya yang terkait dengan keselamatan warga. (Jef)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru