Kuliah di Jerman, Ini Menariknya ?

0
Duta Besar Republik Indonesia di Jerman, Fauzi Bowo
Bagikan :

KICAUNEWS.COM — Indonesia dan Jerman tingkatkan hubungan kerjasama di bidang pendidikan. Dalam waktu dekat hasil konkret kerjasama tersebut dapat dirasakan mahasiswa-mahasiwa Indonesia yang ingin studi di Jerman.

Bukan saja karena biayanya yang murah, Jerman menarik minat banyak mahasiswa asing karena kualitas perguruan tingginya yang sangat baik, terutama di bidang teknik.

Dikutip dari www.dw.com Dalam wawancara khusus dengan editor senior Deutsche Welle, Agus Setiawan, Duta Besar Republik Indonesia  di Jerman, Fauzi Bowo menyampaikan kemajuan hubungan kerjasama antara Jerman dan Indonesia di bidang pendidikan, khususnya pendidikan vokasi.

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma (diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4) yang setara dengan program pendidikan akademik Strata 1.

Deutsche Welle akan mengupas lebih dalam mengenai perkembangan kerjasama pendidikan vokasi Indonesia-Jerman, dalam serial pendidikan. Dalam seri pertama ini, Duta Besar Republik Indonesia di Jerman, Fauzi Bowo  memperkenalkan daya tarik pendidikan secara umum di Jerman.

Beasiswa hanya diberikan kepada calon mahasiswa yang sudah diterima di universitas atau perguruan tinggi. Aplikasi diajukan ketika mahasiswa sudah berada di Jerman. Informasi selengkapnya: https://www.fes.de/studienfoerderung/information-in-english . Organisasi ini terkait erat dengan Partai Sosial Demokrat Jerman SPD. Kemampuan berbahasa Jerman menjadi prasyarat.

Bagi calon mahasiswa Strata 1 atau bachelor di perguruan tinggi negeri, diharapkan menguasai bahasa Jerman tingkat menengah. Sementara untuk perguruan tinggi swasta, sudah ada yang menggunakan bahasa Inggris untuk kegiatan belajar-mengajar.

Fauzi Bowo mengingatkan pentingnya bahasa Jerman, terutama bagi calon mahasiswa Strata 1 atau bachelor di perguruan tinggi negeri, yang harus mengikuti Studienkolleg, atau kelas persamaan sebelum masuk perguruan tinggi. Di Studienkolleg, pelajar bisa beradapatasi dengan sistem studi di Jerman sesuai dengan jurusan yang diinginkan, sekaligus memperdalam bahasa Jerman.

Persyaratan lainnya, bisa dibaca dalam tautan ini. Hal-hal penting yang wajib diketahui sebelum studi di Jerman, dapat Anda simak dalam rangkaian informasi berikut :

  1. Friedrich Ebert Stiftung (FES)

Beasiswa hanya diberikan kepada calon mahasiswa yang sudah diterima di universitas atau perguruan tinggi. Aplikasi diajukan ketika mahasiswa sudah berada di Jerman. Informasi selengkapnya: https://www.fes.de/studienfoerderung/information-in-english. Organisasi ini terkait erat dengan Partai Sosial Demokrat Jerman SPD. Kemampuan berbahasa Jerman menjadi prasyarat.

2. Friedrich Naumann Stiftung (FNS)

Yayasan yang terkait dengan Partai Liberal FDP ini menawarkan bantuan kepada mahasiswa asing yang terdaftar dalam program master dan doktoral di Jerman. Bantuan beasiswa buat prograam master sekitar 800 Euro/bulan, maksimum hingga dua tahun. Mereka yang memperoleh ilmu di Jerman diharapkan dapat meningkatkan kondisi di negara asal setelah kembali. Situsnya: http://bit.ly/1Qn7FU0

3. Heinrich Böll Stiftung

Lembaga ini terkait dengan Partai Hijau di Jerman dan fokus pada isu demokrasi, ekologi, solidaritas internasional dan anti kekerasan. Setiap tahun, ada dua kali kesempatan mengajukan aplikasi program beasiswa di yayasan ini, yakni awal Maret dan September. Cek infonya: http://www.boell.de/en/2015/04/02/application-process-spring-2016

4. Hanns Seidel Stiftung

Yayasan Hanns Seidel beralifiliasi dengan Partai Uni Sosial Kristen CSU. Yayasan ini mendukung pelamar berkualitas tinggi untuk mahasiswa pasca-sarjana (usia maksimal 32 tahun) , yang mempunyai nilai sangat baik, ketrampilan berbahasa Jerman dan catatan dalam keterlibatan sosial-politik. Info bisa diperoleh lebih jauh di: http://www.hss.de/english/scholarships.html

5. Konrad Adenauer Stiftung (KAS)

Bagi mahasiswa yang membutuhkan bantuan uang hidup selama studi di Jerman, bisa mengajukan permohonan bantuan ke orrganisasi yang berafiliasi dengan Uni Kristen Demokrat, CDU ini. Cek situsnya: http://www.kas.de/wf/en/42.8/   atau http://www.kas.de/wf/de/42.34/  Namun pelamar harus ada di Jerman saat mengajukan permohonan.

6. Hans Böckler Stiftung

Yayasan ini dekat dengan Federasi Serikat Buruh Jerman. Salah satu tujuan program beasiswanya adalah mempromosikan pertukaran pengetahuan antara para sarjana, serikat pekerja dan pekerja. Yayasan ini mencari mahasiswa yang menunjukkan prestasi akademis tetapi terbentur biayai studi. Mereka yang sudah bekerja sebelumnya memiliki kesempatan yang lebih baik. Situs: http://www.boeckler.de/20.htm

7. DAAD – Deutscher Akademischer Austauschdienst

Yang sangat banyak bergerak di bidang penyaluran beasiswa adalah DAAD, sebuah lembaga bersama dari institusi pendidikan tinggi dan asosiasi mahasiswa Jerman. Untuk informasi terkini mengenai program beasiswa DAAD secara umum, silakan mengunjungi situsnya: http://www.daadjkt.org/index.php?daad-scholarships . Di situs ini bisa dijumpai berbagai program yang sesuai dengan minat mahasiswa.

8. Master International Media Studies DW Akademie

Deutsche Welle (DW) juga membuka kesempatan beasiswa untuk para jurnalis yang ingin meraih gelas master, lewat program International Media Studies. Perkuliahan 4 semester dilakukan dalam dua bahasa, Inggris dan Jerman. Info: http://www.dw.com/en/application-process/a-3766411 dan http://dw.com/p/1HkA2

(Sumber : http://www.dw.com)

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*