oleh

ISTA Gelar Seminar Meningkatkan Kemampuan Dosen Penulisan Karya Ilmiah

Jakarta, Kicaunews.com – Publikasi karya ilmiah pada jurnal internasional bereputasi menjadi salah satu indikator dalam penentuan kualitas dan peringkat perguruan tinggi. Semakin banyak jumlah publikasi internasionalnya semakin baik kualitasnya dan semakin tinggi peringkatnya.

Untuk itu, kemampuan dosen dalam menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya pada jurnal internasional perlu ditingkatkan secara berkesinambungan.

Bertolak dari hal tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) bersama Program Studi (Prodi) Farmasi mengadakan kegiatan seminar penulisan dan publikasi ilmiah menghadirkan narasumber Prof (ris) Swasono R. Tamat, M.Sc, Ph.D., Apt dan Ir. Esa Haruman W., M.Sc, Ph.D di Aula Gedung Serbaguna ISTA, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Ketua LPPM ISTA, Babay mengaku yang menjadi kendala hampir semua dosen kurangnya pemahaman menulis dari hasil penelitian. “untuk knowledge sudah menguasai namun untuk penulisan belum memiliki skill dan untuk menindaklajuti kegiatan ini, kedepan akan ada workshop, “ terangnya kepada Kicaunews.com, Kamis (2/2/2017).

Maka dari itu, lanjutnya, seminar tersebut untuk memacu dosen menulis karya ilmiah dalam format jurnal dengan bagus, semakin baik kualitas penelitian, sehingga bisa diterbitkan di jurnal yangg berakreditasi nasional dan internasional.

“Publikasi karya ilmiah sebenarnya memiliki multi fungsi dan multi manfaat yang sangat positif bagi pengembangan institusi dan SDM yakni mendapatkan jenjang akademik berdasarkan komponen pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan terakhir penunjang, “ bebernya.

Sementara itu hal serupa dikatakan Rektor ISTA Dr. Dede Rukmayadi, ST., MSi mengapresiasi seminar tersebut dan berharap dapat memotivasi para dosen untuk lebih giat menulis karya ilmiah yang meningkatkan kualitas perguruan tinggi dan dosen.

“Tahap pertama hasil dari ini diharapkan ada publikasi jurnal lebih jauh lagi, diharapkan dapat menulis jurnal nasional dan internasional selain itu manfaat untuk kepangkatan dosen, kalo sudah memiliki kepangkatan akan mendapatkan sertifikasi dosen, “ tuturnya.

Baca juga :  Dansat Brimob Jabar Pimpin Upacara Pengukuhan Danden Gegana

Menurutnya, aspek penting dari kualitas pendidikan dapat diukur dari publikasi penelitian. Tanpa publikasi yang memadai, manfaat penelitian tidak sampai ke masyarakat.

“Oleh karena itu, publikasi penelitian dosen sebagai ilmuan dalam suatu lembaga pendidikan, sangat menentukan mutu pendidikan. Salah satu parameter melihat kelayakan publikasi ialah saat karya ilmiah, “ tutupnya.

Jabatan Fungsional Akademik Dosen ini memang menjadi suatu kebutuhan wajib untuk para dosen dalam meningkatkan perkembangan karirnya, apalagi dosen yang jabatan fungsional juga menjadi salah satu syarat untuk masuk dalam sertifikasi dosen. (Jeffry)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru