oleh

Bahrullah Akbar : BPK RI Mulai Audit Realisasi Dana Desa Tahun Ini

Jakarta, Kicaunews.com – Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) Republik Indonesia akan melakukan audit dana desa di Tahun 2017 ini. Pasalnya, mengingat alokasi dana desa yang digelontorkan pemerintah sangat besar. Termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan, alasannya, alokasi dana desa sangatlah tinggi. Untuk Provinsi Sulsel sendiri dana desa terus meningkat hingga tahun ini mencapi angka Rp1.8 triliun.

Saat dikonfirmasi melalui Telepon Sellurer, Anggota VI Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) RI Bahrullah Akbar mengatakan, tahun  ini kita mulai melakukan audit dana desa. Dirinya juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk menyiapkan kompilasi laporan dana desa dan laporan pertanggungjawaban keuangan dana desa mesti dibuat secara transparan dan akuntabel.

“Audit dana desa belum dilakukan secara spesifik, tapi kami sudah meminta kepada bupati untuk menyiapkan laporan kompilasi dana desa yang merupakan bagian dari laporan keuangan daerah. Audit itu memang sudah harus karena (dananya) sudah besar,” Ungkap  Bahrullah.

dijelaskannya, pihaknya dalam hal ini BPK senantiasa siap mengawasi, khususnya perihal adminstrasi pelaporan. Namun, ditegaskannya bila terjadi  penyimpangan dana desa, BPK RI tidak segan untuk mendorongnya ke ranah hukum. “Kalau ada indikasi tipikor (tindak pidana korupsi), ya kami tidak ragu untuk kirim ke aparat penegak hukum, meskipun itu skalanya hanya di tingkat desa,” paparnya.

“BPK sendiri akan melakukan percontohan dibeberapa tempat untuk sistem pelaporan dana desa. Namun pihaknya belum menunjuk desa yang mana akan dipilih kedepanya. Intinya, kami akan melihat pelaporannya pada 2016,” jelasnya.

Diketahui,  tahun 2017 ini dana desa Provinsi Sulsel meningkat tiga kali lipat dari awal yang dikucurkan tahun 2015 sekira Rp 635 miliar dengan realisasi 98,23 persen. Pada tahun 2015, realisasi tidak mencapai 100 persen karena adanya dua kepala desa yang bermasalah.

Baca juga :  Sambangi Redaksi Media Bisnis.com, Wakil Ketua BPK Bahas Dana Desa

“Pada tahun 2016, dana desa meningkat menjadi Rp1,4 triliun dengan capaian hingga Desember 99,98 persen. Dan tahun 2017 menjadi Rp1,8 triliun,” Pungkasnya.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru