oleh

Mengawali Awal Tahun 2017, Ini dia Tantangan Ekonomi Indonesia

Jakarta, kicaunews.com — Ekonomi Indonesia di tahun 2017 masih akan dihadapkan pada sejumlah tantangan, baik dari sisi internal maupun eksternal. Hal ini akan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi di tahun depan.

Pengamat Ekonomi Prasetijono Widjojo mengatakan‎, dari sisi internal, setidaknya Indonesia akan dihadapkan pada lima tantangan. Pertama, tingkat kemiskinan yang masih tinggi. Di 2016, jumlah penduduk miskin di Indonesia sebesar 28 juta orang atau 10,86 persen dari jumlah penduduk. “Terjadi penurunan, namun penurunannya melambat, dan jumlahnya masih tinggi,” ujar Widjojo seperti dikutip liputan6.com.

Tantangan ekonomi Indonesia kedua, kerentanan di mana penduduk Indonesia yang hidup di atas gari‎s kemiskinan masih rentan terhadap goncngan ekonomi. Ketiga, kesenjangan ditandai dengan tingkat rasio gini yang masih cukup tinggi yaitu di angka 0,39. “Meski pun sudah sedikit menurun, tapi pertumbuhan yang condong ‎lebih memberikan manfaat kepada kelompok menengah ke atas,” katanya.

Keempat, tingkat pengangguran terbuka yang cukup tinggi yaitu sebesar 5,5 persen. Dan kelima, kondisi fiskal yang masih dihadapkan pada persoalan belum optimalnya penerimaan negara ‎dan belanja yang masih harus dipertajam. “Defisit anggaran harus dijaga dan keseimbangan primer masih harus diperbaiki,” Ungkapnya.

Sementara dari sisi eksternal, ekonomi Indonesia setidaknya akan dihadapkan dengan empat tantangan. Pertama adalah perlambatan ekonomi global. Kedua adalah masih berlanjutnya ketidakpastian di Eropa pasca Brexit.

Ketiga adalah perubahan politik di Amerika Serikat setelah terpilihnya Donald Trump yang diyakini akan berdampak luas. Terakhir atau keempat adalah mengenai harga komoditas. “Harga komoditas‎ yang masih belum pulih sepenuhnya,” pungkasnya.(***)

 

Sumber : Liputan6.com

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru