oleh

PANGLIMA TNI PIMPIN SERTIJAB KASAU

Jakarta, Kicaunews.com — TNI Angkatan Udara menggelar serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) dari Masekal TNI Agus Supriatna‎ kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Sertijab KASAU ini dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo selaku Inspektur Upacara di Taxy Way Echo, Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Jumat (20/1/2017).

TNI AU dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, sebagai komponen negara yang harus dapat mempuni dalam membangun kekuatan TNI AU. Oleh karena itu menurutnya TNI AU harus introspeksi diri, mengingat kecelakaan hingga mengalami kerugian. Ia pun berharap peristiwa serupa tidak terulang kembali, mulai dari perencanaan, pengadaan, dan penggunaan. Ujarnya tahun ini adalah tahun bersih – bersih untuk meningkatkan tekad bersama. Kita tidak mengingkari dan tidak korupsi sekecil apapun. TNI kuat dan dicintai rakyat, ujarnya.

Hadi dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai ‎KASAU di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (18/1) lalu. Hadi menggantikan Masekal TNI Agus Supriatna yang memasuki masa pensiun.

Hadi dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 02/TNI/2017 Tentang Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara yang ditetapkan pada 17 Januari 2017.

Dalam kesempatan ini Hadi sekaligus naik pangkat dari bintang tiga menjadi bintang empat dengan ‎Keppres RI Nomor 03/TNI/2017 Tentan Kenaikan Pangkat Dalam Golongan TNI. Sebelum ditunjuk Jokowi sebagai KASAU, Hadi menjabat sebagai Irjen Kementerian Pertahanan sejak November 2017 dengan pangkat Marsekal Madya atau jenderal bintang tiga.

Hadi sempat menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden dengan pangkat Marsekal Muda (jenderal bintang dua), artinya hanya dalam rentang waktu dua bulan Hadi naik pangkat bintang empat sebagai KASAU.

Hadi juga pernah menjabat sebagai Kepada Dinas Penerangan TNI AU 2013-2015.

Baca juga :  Cerita Panglima TNI Soal HMI Ikut Membubarkan PKI dan Menjaga Pancasila

Pendidikan militer yang pernah diikuti antara lain AAU (1986), Penataran P4, SekoIah Penerbang tahun 1987, Sekkau Angkatan 57 (1995), College Interarmes De Defence, Perancis (Sesko Angkatan) tahun 2001, Sesko TNI Angkatan 36 (2009), dan PPSA Lemhannas Angkatan 20 tahun 2015.

Beberapa penghargaan kehormatan pernah diraih, di antaranya Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya, Satyalancana Kesetiaan XXIV Tahun, GOM IX Raksaka Dharma (Papua), Satyalancana GOM VII (Aceh), dan Satyalancana Dwidya Sistha.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP mantan penerbang pesawat Cassa NC-212 adaIah putra kelahiran Malang pada 8 November 1963 dari pasangan Bambang Sudarto dengan Nur Sa’adah, merupakan alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986. Menikah dengan Nanik Istumawati dan memiliki dua putra/putri yaitu Hanica Relingga Dara Ayu dan Handika ReIangga Bima Yogatama. (Sunarto)

Editor : Rahmat Saleh

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru