oleh

Upacara Hari Dharma Samudera di Mako Koarmabar

Jakarta, Kicaunews.com — Inspektur Komando Armada RI Kawasan Barat (Irarmabar) Kolonel Laut (P) Hargianto, S.E., M.M., memimpin upacara peringatan hari Dharma Samudera di Lapangan Arafuru Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jalan Gunung Sahari Raya No. 67 Jakarta Pusat, Minggu (15/01/2017).

Dalam rilis Koarmabar, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., dalam amanatnya yang dibacakan Irarmabar antara lain mengatakan, upacara yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini merupakan upacara memperingati peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 55 tahun silam, dimana telah terjadi pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut yaitu RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang Kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih pada masa itu.

Selanjutnya Kasal mengatakan, melalui upacara peringatan hari Dharma Samudera ini, diharapkan rasa hormat dan penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan samudera dapat terpelihara. Di samping itu, peringatan ini hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan kembali tekad dan semangat agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam mengahdapi berbagai tantangan, sekaligus dalam memantapkan nilai-nilai disiplin, hierarki dan kehormatan militer yang merupakan identitas diri prajurit matra laut.

Ade juga mengingatkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh TNI Angkatan Laut saat ini semakin hari semakin kompleks. Salah satu penyebabnya adalah bentuk dari konstelasi geografis Indonesia itu sendiri. Dua pertiga wilayah Indonesia terdiri dari lautan yang kaya akan sumber daya alam hayati dan non hayati serta merupakan jalur utama perdagangan laut internasional. Oleh karenanya, pertahanan laut yang kuat merupakan suatu keniscayaan guna menjamin kepentingan nasional dan juga untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Baca juga :  Prabowo : Jangan Takut Menyuarakan Kemenangan Kita

Kasal menekan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta Trisila TNI Angkatan Laut yang telah diwariskan oleh para pendahulu, sebagai konstribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa, serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia.

Upacara diikuti para pejabat utama Koarmabar, deputasi Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara, Tamtama dan deputasi Pegawai Negeri Sipil Koarmabar.(Sunarto)

Editor : Rahmat Saleh

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru