oleh

Ini Lima Pertanyaan yang Harus di Jawab Dalam Debat Kandidat Pilkada DKI

Jakarta,Kicaunews.com —  Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta akan menyelenggarakan debat kandidat pemilihan kepala daerah DKI Jakarta pada Jumat 13 Januari 2017 mendatang. Ketiga pasangan calon diwajibkan hadir untuk mengikuti salah satu rangkaian kampanye tersebut.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan debat tersebut akan dibagi menjadi enam segmen. “Kami siapkan enam segmen,” kata dia Jumat lalu.

Segmen pertama adalah pemaparan visi, misi serta program setiap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Segmen kedua adalah pendalaman visi dan misi. “Pasangan calon akan diberikan pertanyaan terkait dengan visi dan misi serta program kerja,” kata Sumarno.

Pada segmen ketiga, pasangan calon akan disodori pertanyaan tentang permasalahan di Jakarta. Temanya menyangkut sosial-ekonomi, pendidikan-kesehatan dan lingkungan-transportasi. Kemudian pada segmen keempat, setiap pasangan diberi kesempatan untuk saling bertanya.

Segmen kelima, setiap pasangan calon bisa saling mendebat. “Tapi tentu tetap diatur,” kata Sumarno. Para pasangan calon dilarang melontarkan kalimat sensitif yang menyinggung suku, agama, maupun etnis. Di akhir acara debat, sebagai segmen keenam, akan ada pernyataan penutup dari masing-masing kandidat.

Sementara itu, Sumarno mengatakan materi debat sendiri sedang disusun oleh KPU bersama dengan tim panelis. Tim panelis ini terdiri dari sejumlah pakar yang sudah dipilih. “Masih kami siapkan materi debatnya,” kata dia.

Ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno

diwajibkan hadir dalam debat kandidat ini. KPU berencana menyelenggarakan tiga kali debat kandidat sebelum hari pemilihan pada 15 Februari 2017 mendatang.

Sumber : Tempo.com

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru