banner 728x250

Lautan Manusia Berganti Jadi Lautan Sampah

  • Bagikan
banner 468x60

Kab. Pangandaran, Kicaunews.com — Perayaan Tahun baru telah usai kini obyek wisata (obwis) pantai Pangandaran seolah menjadi lautan sampah.

Dari penelusuran kicaunews.com pada Minggu sore (01/01/17) hampir disetiap sudut dan tempat obwis Pangandaran dipenuhi sampah berbagai bentuk, dari mulai plastik, kaleng, kertas dan jenis botol minuman.

banner 336x280

Seorang wisatawan lokal asal Bandung Anwar (35), menyayangkan Pantai Pangandaran yang begitu indah panorama alamnya tiba tiba berubah jadi lautan sampah. Ketika disoal apa penyebab terjadinya hal tersebut, Anwar memberikan alasan “bisa akibat dari kurangnya kesadaran masyarakat akan budaya bersih dan buang sampah pada tempatnya, bisa juga karena sarana pembuangan sampah yang sangat minim di area wisata, sehingga pengunjung membuang sembarangan”, ungkapnya.

Hal senada dikatakan Nety (27) seorang ibu muda asal Tasikmalaya yang kedapatan membuang pempers (popok bayi) diselokan, ketika disoal Ia berkilah “habis susah nyari tempat sampah mas, ya terpaksa saya buang ke selokan”, ujarnya.

Lain Anwar, lain Nety lain juga yang diungkapkan Sanusi (52) pengunjung dari Jawa Tengah ini dengan logat Jawanya yang kental memberi saran dan masukan terutama untuk Pemerinrah Daerah Pangandaran “sebaiknya pemerintah daerah mengutamakan sarana tempat pembuangan sampah sebanyak banyaknya disetiap sudut sehingga tidak ada lagi alasan masyarakat atau pengunjung untuk buang sampah sembarangan”, katanya.

Sanusi juga memberi masukan agar setiap pengunjung  yang datang baik perorangan dan rombongan diberikan kantong plastik untuk tempat sampah sementara, yang selanjutnya dibuang ketempat sampah yang telah disediakan, imbuhnya. (Budi)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *