banner 728x250

Bahrullah Akbar : BPK RI Terus Dorong Pemda Untuk Raih Predikat WTP

  • Bagikan
banner 468x60

NTT, Kicaunews.com — Dalam acara pelantikan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Nusa Tenggara di Aula Kantor Perwakilan BPK Provinsi NTT dari Dewi Ciantrini,M.Fin.Mngmt kepada Edward Ganda Hasiholan Simanjuntak,SE. M.Sc

belum lama ini, Anggota VI BPK RI Prof. Bahrullah Akbar menegaskan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  RI akan terus mendorong Pemerintah Daerah untuk meraih peredikat WTP.

banner 336x280

Bang Bahrul Sapaan akrabnya menjelaskan, kami meumpakan dengan analogi permainan sepak bola yang memiliki standar-standar permainan. Dengan semua standarisasi itu, kata Bang Bahrul, publik menantikan adanya sebuah fair play (permainan yang adil).

Bang Bahrul menambahkan, kalau menggunakan analogi permainan bola kaki, pelanggaran pasti akan ditegur wasit. Kurang lebih seperti itu, peran kami.

“BPK mendorong agar semua pemerintah daerah bisa memperoleh predikat WTP, dalam pengelolaan keuangan daerahnya. Saya berharap Gubernur dan para Bupati bersama DPRDnya, bisa mendukung itu” kata Bahrullah.

Masih Kata Bang Bahrul, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) merupakan bentuk transparansi dan akuntabilitas keuangan negara. Dimana Penilaian LKPD dalam bentuk opini berdasarkan kriteria Standar Akuntansi Pemerintah serta kecukupan pengungkapannya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, kecukupan Sistem Pengendalian Internal dan Kepatuhan pemerintah daerah terhadap peraturan perundangan yang terkait.

“Untuk LKPD Tahun 2015 Provinsi NTT dan Kabupaten Sumba Timur memperoleh opini WTP,” ungkapnya.

Lebih jauh, Anggota BPK RI itu mengingatkan, agar Kepala Perwakilan BPK NTT yang baru dapat membangun komunikasi yang lebih intens dengan seluruh stakeholders, termasuk instansi penegak hukum, jika terdapat hasil pemeriksaan BPK yang berindikasi pidana.

Dikutip beritalima.com, dalam Acara itu hadir Kepala Perwakilan BPK Bali, Kepala Perwakilan BPK Kalimantan Timur dan Kepala Perwakilan BPK Sulawesi Utara, hadir pula Pada acara ini Ketua DPRD Provinsi NTT, Bupati/Walikota serta Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota se-NTT.***

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *