oleh

REFLEKSI AKHIR TAHUN 2016 “UJIAN DAYA TAHAN KANWIL KEMENKUMHAM DK! JAKARTA”

Jakarta, Kicaunews.com — Tahun 2016 adalah tahun penegakan hukum di Indonesia. Banyak sekali tantangan yang Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta sepanjang tahun. Di antaranya masalah kepadatan yang terjadi di Lapas akibat semakin meningkatnya jumlah waga binaan, serta kebijakan MEA dan bebas Visa bagi 169 negara, yang menuntut adanya pengawasan lebih terhadap warga aslng yang datang ke Jakarta.

Hingga menjelang; akhir tahun 2016. total ada 15.825 orang warga binaan di seluruh Lapas yang ada di DKI Jakarta. Besamya angka tersebut tidak sebandlng dengan kapasitas ruang Lapas dan SDM petugas penjaganya. Upaya pemindahan 7000 warga binaan ke Lapas di luar Jakarta juga tidak memberikan hasil sesuai harapan. Karena sepanjang tahun 2016 ini, jumlah warga binaan baru dari seluruh Lapas di Jakarta terus meningkat 50 orang per hari, sehingga menyebabkan peningkatan warga binaan sebanyak dua kali lipat dari jumlah yang sudah dipindahkan. Masalah ini masih ditambah lagi dengan isu-isu negatif tentang peredaran narkoba dan juga pungli didalam Lapas yang terus beredar, sehingga menuntut Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta untuk gencar melakukan pembersihan di dalam Lapas.

Selain membentuk 2 Satker baru, yaitu Lapas Khusus Perempuan dan Lembaga Pembinaan khusus anak , Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga membuat perubahan sistem di dalam lapas, seperti

pelarangan membawa telepon seluler ke daiam lapas. Beberapa program inovatif juga sudah dijalankan.

Seperti peluncuran Aplikasi Sistem lnformasi Bimbingan Mandiri Onlhe (SIBIMO) pada Balai Pemasyarakatan dilingkungan Kantor Kemenkumham DKI Jakarta. serta rehabilitasl terhadap WBP

program pembinaan (PB CB dan CMB) yang

yang masih positif menggunakan narkoba.

Untuk membahas Iebih jelas tantangan-tantangan yang sudah dihadapi dl sepanlang tahun 2016 serta rencana apa saja yang diprioritaskan di tahun 2017 yang akan datang, maka Kanwil Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta mengadakan Refleksi Akhir Tahun 2016, dengan tema:

Baca juga :  Sat lantas Polres Subang Giat Bersedekah Dan Mengisi Outlet Kebersamaan Makanan dan Minuman Gratis Untuk yang Membutuhkan "Semua Bisa Mengisi dan Berbagi"

“UJIAN DAYA TAHAN KANWIL KEMENKUMHAM DKI JAKARTA”

Acara tersebut dilaksanakan pada:

Hari/ Tanggal : Jumat, 30 Desember 2016 Tempat : Gedung Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakana. J1 MT Haryono no 24 Jaktim. Pukul : 09.00 pagi WIB sld 11.30 WIB. Pembicara : Endang Sudirman Bc.IP S.sos. MM (Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta) dan Para Kepala Divisi Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta. Dihadiri SeIuruh Kepala Lembanga Pemasyarakatan, Kepala Kantor Imigrasi dan Kepata UPT se-DKI Jakarta.(Sunarto)

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru