oleh

Soft Launching Program Kampung Iklim (PROKLIM) Di RW.09 Kelurahan Semper Barat

Jakarta, kicaunews.com — Program Kampung Iklim (Proklim) yaitu program yang memberikan penghargaan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.


Dimana Tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang memahami permasalahan perubahan iklim dan dampaknya serta melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara pro aktif yang berkontribusi dalam pencapaian pembangunan nasional yang berkelanjutan. Cakupan lokasi Proklim meliputi wilayah minimal setingkat dusun/dukuh/RW dan maksimal setingkat desa/kelurahan.

Untuk diketahui, Program Kampung Iklim (Proklim) berlandaskan hukum Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 19 tahun 2012 tentang Program Kampung Iklim , dan merupakan tindak lanjut amanat Undang-Undang No. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup pasal 63 ayat (1) yang berbunyi bahwa Pemerintah berwenang menetapkan dan melaksanakan kebijakan di bidang pengendalian dampak perubahan iklim.

Pelaksanaan Program Kampung Iklim secara nasional telah dilaksanakan sejak tahun 2012, sedangkan Provinsi DKI Jakarta baru dapat berpartisipasi dan melaksanakan Proklim mulai tahun 2014. Indikator utama menentukan juara/peringkat nasional dalam Program Kampung Iklim meliputi mitigasi, adaptasi dan kelembagaan.

Kini Giliran di RW 09 Kelurahan Semper Kecamatan Cilincing Jakarta Utara yang menyelenggarakan soft melounching PROKLIM yang Dibuka oleh
Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DR. Oswar Mungkasa pada Jum’at 23 Desember 2016.

Dimana acara tersebut dihadiri oleh Ka. BPLHD & Staf, Ka. KPLH & Staf, Ka. KPKP & Staf, Sudin Kebersihan, Sudin Pertamanan, Camat Cilincing & Staf
Serta Lurah Semper Barat & Staf.

Acara yang dibalut dengan serangkaian kegiatan seperti Penanaman Pohon, Pembuatan Lobang Biopori dan Penebaran Bibit Ikan sukses diselenggarakan.

Baca juga :  Gatur Pagi Polsek Klari

Dalam Sambutannya, Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DR. Oswar Mungkasa Mengatakan, Masyarakat DKI Jakarta selama ini telah banyak melakukan aksi-aksi nyata dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim antara lain penghijauan wilayah pemukiman, pembangunan bank sampah, perbaikan sanitasi secara mandiri sebagai upaya mendukung kesehatan m a syarakat dan sebagainya. “Aksi-aksi nyata masyarakat tersebut merupakan bukti nyata adanya aksi lokal yang berefek besar dalam antisipasi dampak perubahan iklim dan dapat diusulkan sebagai Lokasi-lokasi Program Kampung Iklim (Proklim) Jakarta,” katanya.

Dijelaskannya, Pada tahun 2016 ini Pelaksanaan Proklim dilaksanakan kembali dengan target lokasi Proklim sebanyak 10 lokasi baru dengan satu lokasi prioritas di wilayah Jakarta Utara.

“Alhamdulillah dipenghujung Tahun 2016 Sekarang Giliran RW 09 Dikelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing,” Ungkapnya.

Syaiful Anwar Kasie SarPras Kelurahan Semper Barat bersama Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DR. Oswar Mungkasa

Sementara itu, Syaiful Anwar Kasie SarPras Kelurahan Semper Barat saat di Wawancarai kicaunews.com mengungkapkan, Peran masyarakat merupakan kunci penting dalam pelaksanaan program kampung iklim, sehingga perlu ditingkatkan dengan sosialisasi dan bimbingan teknis mengenai benefit dari Proklim agar masyarakat tergerak untuk mengembangkan daerah di sekitarnya dalam aspek penghijauan dan pengelolaan sampah serta dapat meminimalisir dampak perubahan iklim.(Jhon)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru