oleh

PN Gresik Putuskan Agus Setiabudi Tak Bersalah Dalam Dakwaan Pemalsuan

Gresik, KICAUNews.com – Dalam sidang lanjutan kasus pidana Agus Setiabudi atas dakwaan pemalsuan surat atau membuat surat palsu. Akhirnya pada 8 Desember 2016 lalu, Majelis Hakim Pengandilan Negeri (PN) Gresik yang dipimpin oleh Hakim ketua I Putu Gede Astawa., SH, MH dan Hakim Anggota Herdiayanto., SH, MH juga Putu Mahendra., SH, MH menetapkan terdakwa Agus Setiabudi tidak terbukti bersalah dan mengembalikan nama baik terdakwa serta membebankan biaya perkara kepada negara.

“Sebelumnya pada hari senin kemarin tanggal 5 Desember 2016 hingga kamis 8 Desember 2016 telah digelar persidangan Agus secara maraton mulai pembacaan pledoi sampai pembacaan putusan majelis hakim, dalam pledoi penasehat hukum terdakwa menolak semua dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebab dalam dakwaan tertanggal 28 November 2016 menyebutkan terdakwa secara sah dan meyakinkan membuat surat palsu atau memalsukan surat (263 ayat 1) akan tetapi dakwaan JPU terdakwa didakwa pasal 263 ayat 1 dan 2 sehingga harus dibuktikan, karena dalam fakta-fakta persidangan tidak ada satupun saksi yang mengetahui kalau Agus membuat surat palsu maka tiada kata lain selain hakim memutus bebas terdakwa,” ujar Efendi selaku penasehat hukum terdakwa.

Pada hari selasa giliran JPU yang menyampaikan Replik kemudian esoknya penasehat hukum terdakwa yang menyampaikan Duplik setelah para pihak tetap pada pendiriannya maka pada hari ini giliran majelis hakim yang menyampaikan keputusan hasilnya melihat fakta-fakta di persidangan dan bukti-bukti yang disampaikan baik oleh JPU maupun penasehat hukum terdakwa.

“Pada putusan yang dibacakan oleh majelis hakim memutuskan terdakwa tidak bersalah melihat fakta-fakta persidangan dan JPU tidak dapat membuktikannya sehingga Agus diputus bebas,” kata Efendi.

Mendengar putusan Hakim, Efendi yang juga rekan Agus ketika gugat PT. Titani Alam Semesta di Pengadilan Hubungan Industrial Gresik.

Baca juga :  Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, Brimob Polda Jabar BKO Polrestabes Bandung Pam Operasi Sadar Aturan

“Alhamdulillah kalau kita berbuat baik pasti ada jalan keluar,” imbuh Efendi. (Tra/Tris)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru