oleh

Pernyataan Pers Pepabri Dalam Demo 212

Jakarta, Kicaunews.com — Dalam menyikapi waspada demo pada hari jum’at 2 Desember 2016. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri), Ketua Umum Pepabri Jenderal (Purn) TNI Agum Gumelar didampingi Kadep Organisasi Pepabri Mayjen (Purn) TNI Akip Renatin dan Kepala Humas Pepabri Djoko Saksono mengadakan jumpa pers dihadapan puluhan awak media di Hotel Grand Hyatt Jakarta, rabu (30/11/2016).

Adapun konsep pernyataan Organisasi Purnawirawan TNI- Polri dan LVRI sebagai berikut :

1. Pumawirawan TNI POLRI serta LVRI lahir dari anak kandung almamatemya yaitu TNI dan POLRI serta masyarakat pejuang lainnya seperti LVRI, yaitu tetap memegang teguh Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta Tri Brata. Kami sepakat walaupun sudah puma tugas dan secara organisatoris tidak terikat lagi pada organisasi almamatemya, namun kami tetap memegang teguh jiwa dan semangat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Tri Brata.
Atas dasar pemikiran itu, semangat setia pada NKRI berdasarkan Pancasila adalah sikap yang tidak dapat ditawar-tawar pada dada setiap warga Pumawirawan TNI-POLRI dan warga LVRI.

2. Atas dasar keyakinan itu, kami memahami bahwa kenegaraan bangsa Indonesia baik suku, agama, ras dan golongan merupakan kekayaan bangsa sebagai karunia Illahi yang patut kita syukuri bersama. Rasa syukur tersebut perlu diwujudkan dalam suasana bermasyarakat, berbangsa dan bemegara dalam kehidupan yang rukun, sejuk dan berbudaya.

3. Adapun terjadi kesalahpahaman baik horizontal maupun vertikal akibat perbedaan-perbedaan tersebut kami berpendapat bahwa seluruh komponen bangsa berkewajiban untuk tidak menambah keruh suasana dan mendorong penyelesaiannya melalui musyawarah dan mufakat, bukan mencari siapa yang benar dan siapa yang salah. Kami menyerukan pada segenap komponen masyarakat untuk bersatu dalam perbedaan dalam suasana silih asah, silih asih dan silih asuh.

Baca juga :  Polsek Banjarsari Polres Ciamis Laksanakan Operasi Yustisi Masker

4. Siklus demokrasi kita mengenal adanya Pemilu maupun Pilkada untuk mencari pemimpin daerah maupun pemimpin Nasional yang dapat memenuhi harapan masyarakat dan dipercaya rakyat. Saat ini menjelang Pilkada 2017 kita rasakan bersama bahwa suhu politik terasa naik, dan suhu ini akibat adanya ucapan salah satu calon Gubernur DKI Jaya (Sdr. Basuki Cahaya Pumama alias Ahok) yang dinilai menista ajaran salah satu agama. Kami menyadari dan mengerti bahwa rasa ketersinggungan ummat Islam terhadap ucapan Sdr Ahok di PulauSeribu, Jakut perlu direspon sebaik-baiknya dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa yang selama ini kita jaga bersama. Respon yang kurang pas dapat memecah-belah bangsa ini. Pemerintah telah menyerahkan masalah ini ke badan hukum yang ada untuk diproses secara adil dan transparan. Karena itu Keluarga Besar Pumawirawan TNI-POLRI serta Keluarga Besar LVRI mengajak seluruh lapisan masyaraat untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan.

5. Sebagai organisasi yang lahir dari Almamater yang solid, kompak dan berwibawa kami mengharapkan TNI -POLRI untuk tetap bersatu dalam menjaga kemanunggalan TNI-POLRI dengan rakyat. Tuntutan demokrasi memang memberi kebebasan setiap individu maupun kelompok masyarakat untuk menyatakan pendapatnya dalam segala bentuk, termasuk aksi unjukrasa di lapangan. Dalam mangantisipasi unjukrasa seperti ini negara kita telah mempunyai UURI Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

Unjuk rasa memang hak, tetapi juga ada kewajiban yang harus dipenuhi. Karena itu kami sepakat bahwa setiap kegiatan unjukrasa di Negeri ini harus mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku.

Setiap unjukrasa biasanya timbul kelompok besar maupun kecil yang ingin mengacaukan situasi untuk merubah suasana yang damai, santun dan berbudaya menjadi unjukrasa yang tidak terkendali. Terhadap mereka yang mempunyai agenda tersembunyi semacam ini, lakukanlah tindakan paksa secara tegas dan terukur sehingga tidak menimbulkan ekses di belakang hari.

Baca juga :  Patroli Panic Buying Brimob Jabar ke Toko-Toko Sembako Pasar Cipanas

Editor : Rahmat Saleh

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru